Mengenal Apa Itu Software Engineering

Dalam dunia engineering atau perteknikan, data yang sudah disediakan atau yang sudah diperoleh tentu saja memerlukan sarana untuk diolah dan disajikan dalam suatu informasi. Pengolahan data engineering ini memerlukan suatu sarana yang dapat digunakan pada komputer atau PC kita masing-masing. Berdasarkan pengertiannya, software adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah. Software berbeda dari perangkat keras (hardware) yang dapat habis dan rusak. Ini menjadikan software sebagai alat yang bisa diandalkan dalam pengembangan dan rekayasa pada zaman seperti sekarang ini.

Dikutip dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (1993), pengertian software engineering adalah suatu pendekatan teknologi secara sistematis, terstruktur dan disiplin. Dalam menjalankan software tersebut, tentu ada juga yang memiliki software engineer yang bekerja untuk mengembangkan dan merawat aplikasi yang kamu gunakan. Software engineer merupakan para ahli di bidang rekayasa perangkat lunak yang berperan besar dalam terwujudnya aplikasi yang sampai sekarang digunakan. Para software engineer ini bertugas untuk merancang hingga melakukan perawatan perangkat lunak. Tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa menjalankan perintah apapun dari user.

Software engineering dikembangkan menggunakan pendekatan agile. Pendekatan agile adalah pendekatan yang menitikberatkan pada kerja sama di dalam tim. Masing-masing anggota tim memiliki tanggung jawab masing-masing dan harus saling berkolaborasi untuk menciptakan perangkat lunak. Dalam prosesnya, pendekatan agile mengharuskan tim untuk bergerak dengan cepat, dinamis, fleksibel, mampu beradaptasi dengan cepat, dan menuntaskan tugas dalam waktu yang cepat. Terdapat beberapa metode atau kerangka kerja yang menggunakan pendekatan agile. Salah satu metode yang paling banyak digunakan adalah scrum.

Daniel Chandra