KOMPUTERISASI AKUNTANSI

Kemajuan teknologi informasi telah mendorong industri nasional dan internasional untuk menerapkan sistem informasi perusahaan yang terkomputerisasi di segala bidang. Salah satu bidang yang merupakan fungsi penting dalam suatu perusahaan, bidang akuntansi, dan keuangan yang ada di setiap perusahaan baik manufaktur maupun non-manufaktur, sebagian besar telah menerapkan sistem informasi terkomputerisasi secara luas dalam memproses transaksi keuangan. Karena sebagian besar bidang akuntansi dan keuangan berbasis pada teknologi informasi, maka kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki kemampuan akuntansi dan keuangan merupakan suatu keharusan, serta menguasai teknologi informasi terkini.


Kemampuan menggunakan aplikasi bisnis dan aplikasi akuntansi dengan pemahaman ilmiah dan komunikasi yang baik merupakan persyaratan dasar dalam industri. Komputerisasi akuntansi adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin mengubah keterampilan akuntansi dan komputer mereka menjadi karir yang layak. Hal ini disebabkan karena keterampilan akuntansi terkomputerisasi sangat penting untuk setiap praktik bisnis sistem akuntansi manual sedang digantikan oleh sistem komputerisasi.

Seiring dengan kemajuan teknologi, sistem informasi telah telah terkomputerisasi. Perbaikan dalam teknologi ini telah menggantikan manual sistem pembukuan dengan yang terkomputerisasi. Revolusi dalam informasi sistem dimulai pada awal 1950-an ketika komputer bisnis pertama menjadi tersedia, masih dalam proses (Nash, 1989:5). Akuntansi sistem informasi yang sebelumnya dilakukan secara manual sekarang dilakukan oleh komputer di sebagian besar perusahaan. Perusahaan sekarang dapat menangkap, memproses, menyimpan, dan mengirimkan data dengan bantuan komputer. Sedangkan pengumpulan dan pengolahan data dilakukan secara manual di sistem historis, pengumpulan dan pemrosesan data online dilakukan oleh sistem komputerisasi (Grabski dan Marsh, 1994: 63).

Pada sistem informasi akuntansi manual, pemrosesan data menjadi lambat dan tunduk pada kesalahan. Untungnya, perbaikan dalam teknologi telah memungkinkan perusahaan mengumpulkan, memproses, dan mengambil data dengan cepat. Selain itu, kemungkinannya lebih kecil untuk kesalahan saat data Selain itu, terdapat perangkat lunak dalam proses akuntansi. Bagian ini mencakup perangkat lunak yang paling sering digunakan dan yang paling sesuai. Akuntan harus terbiasa dengan perangkat lunak karena mereka membantu pengguna melakukan fungsi akuntansi lebih efektif dan efisien. Perangkat lunak akuntansi berisi fungsi akuntansi dasar seperti: input, pemrosesan, dan output.

Ada dua klasifikasi akuntansi, yaitu: perangkat lunak sebagai low-end dan high-end. Low-end adalah perangkat lunak all-in-one, yang berarti semua fungsi sistem akuntansi dilakukan dalam satu perangkat lunak. Oleh karena itu, perangkat lunak lowend digunakan untuk perusahaan kecil. Di sisi lain, dalam perangkat lunak kelas atas, masing-masing fungsi akuntansi datang dalam modul terpisah. Setiap modul memeriksa data untuk kebenaran, memprosesnya, dan memperbarui semua akun yang relevan, dan akhirnya, menghasilkan keluaran seperti dokumen dan laporan.

Perangkat lunak akuntansi berbasis komputer pribadi (PC) memungkinkan perusahaan untuk komputerisasi sistem manual mereka dan untuk memberikan informasi yang lebih baik dan tepat waktu. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memproses jumlah transaksi yang tidak terbatas yang terjadi di lokasi yang berbeda secara bersamaan dalam beberapa menit.diproses dengan computer. Berikut ini adalah komponen-komponen perangkat lunak akuntansi terkomputerisasi:

  1. Penyusunan Dokumen Akuntansi.
  • Komputer membantu dalam mempersiapkan dokumen akuntansi.
  1. Pencatatan Transaksi
  • Setiap hari transaksi bisnis dicatat dengan bantuan perangkat lunak komputer.
  1. Penyusunan Neraca Saldo dan Laporan Keuangan
  • Setelah pencatatan transaksi, data ditransfer ke akun buku besar secara otomatis oleh komputer. Neraca Saldo disiapkan oleh komputer untuk memeriksa keakuratan catatan

REFERENSI

  • Computerized accounting system. Free Essays – PhDessay.com. (2020, August 10). Retrieved November 24, 2021, from https://phdessay.com/computerized-accounting-system/.
  • Mengenal Keuntungan Dan Pentingnya komputerisasi akuntansi pada bisnis. Accurate Online. (2020, November 12). Retrieved November 24, 2021, from https://accurate.id/akuntansi/pentingnya-komputerisasi-akuntansi-pada-bisnis/.