EDUKASI FINANSIAL KEUANGAN

Sumber Gambar : https://www.unomaha.edu/college-of-business-administration/finance-banking-real-estate/_files/images/finance1.jpg

Berbicara mengenai perencanaan keuangan pribadi berarti kita berbicara mengenai banyak aspek yang berkaitan dengan pengelolaan uang.

Namun bila dilihat secara umum, ada beberapa poin yang menjadi inti dari topik ini, dimana masing-masing poin memiliki peran masing-masing dan mereka saling bekerjasama dalam membuat sebuah perencanaan yang baik.

Poin-poin tersebut adalah:

Perencanaan Budget

Perencanaan budget adalah aspek paling sederhana dan paling dasar dalam kehidupan finansial seseorang.

Perencanaan budget ini dimulai dengan mengetahui posisi finansial dari sang individu dengan cara melihat total pemasukan yang diterima setiap jangka waktu tertentu, yang bisa berasal dari berbagai sumber. Setelah itu, berdasarkan jumlah pemasukan yang ada, sang individu perlu membuat rencana pengeluaran setiap bulannya.

Setelah membuat rencana, diharapkan sang individu mengikuti rencana tersebut dengan se-efektif dan se-efisien mungkin. Hal ini untuk memastikan bahwa jumlah pemasukan yang ada seimbang atau jauh lebih besar dari jumlah pengeluaran.

Perencanaan budget itu sendiri bisa dilakukan dalam dua cara yaitu:

Perencanaan budget jangka pendek
Perencanaan budget jangka pendek ini mengacu pada jenis perencanaan dalam jangka waktu yang singkat, pada umumnya setiap bulan. Setiap bulannya, setiap orang memiliki jenis pengeluaran tetap yang bisa diperkirakan jumlahnya misalnya saja pengeluaran untuk pembayaran tagihan listrik, pembayaran pulsa dan lain-lain.

            Perencanaan budget jangka panjang
Berbeda halnya dengan perencanaan dalam jangka pendek, perencanaan budget untuk jangka panjang meliputi perencanaan dalam jangka waktu yang lama misalnya saja satu tahun. Hal ini akan sangat membantu seseorang untuk melihat gambaran secara umum. Selain itu, perencanaan dalam jangka waktu panjang diperlukan untuk membayar jenis pengeluaran yang mungkin hanya dibayarkan dalam jangka waktu tertentu saja misalnya pajak kendaraan bermotor atau mungkin biaya sewa rumah.

 Penyimpanan Uang

Dalam masa saat ini, tabungan adalah salah satu aspek penting yang perlu dimiliki setiap orang. Ada berbagai macam cara untuk menyisihkan uang untuk ditabung dan setiap orang memiliki cara mereka masing-masing. Salah satu cara yang paling dianjurkan oleh banyak pakar keuangan adalah dengan cara memasukkan tabungan dalam perencanaan budget bulanan dan tidak menabung berdasarkan jumlah uang yang tersisa setiap bulannya.

Tujuan utama dari penyimpanan uang ini adalah untuk mencapai tujuan finansial yang lain, yang pada umumnya akan memakan biaya yang cukup besar misalnya membeli mobil, membeli rumah, untuk biaya pendidikan, biaya hidup di hari tua nanti dan juga untuk keperluan darurat yang bisa terjadi kapanpun juga.

            Perencanaan Perlindungan Diri dalam bentuk Asuransi
Salah satu poin penting dalam hal perencanaan keuangan pribadi adalah perencanaan perlindungan diri dalam bentuk asuransi.

            Asuransi adalah salah satu cara melindungi kondisi finansial seseorang dari berbagai bentuk pengeluaran terutama dalam jumlah besar yang terjadi saat musibah menimpa.

 Investasi
Investasi merupakan salah satu poin penting dalam perencanaan keuangan pribadi yang perlu ditangani dengan cermat dan tepat.

            Perencanaan Kredit
Perencanaan kredit yang dimaksud disini adalah perencanaan bukan hanya mengenai penggunaan kartu kredit untuk berbelanja namun juga perencanaan dalam mengambil kredit atau hutang.

            Perencanaan Hari Tua
Saat ini tidak semua perusahaan menawarkan rencana pensiun kepada para karyawannya. Hal ini seharusnya menjadi perhatian setiap orang. Masa depan yang akan datang memang tidak pasti namun tidak ada salahnya untuk merencanakan mulai dari sekarang.

            Pengelolaan Pajak
Banyak orang yang tidak atau kurang menyadari bahwa cara mereka mengelola pembayaran pajak juga bisa mempengaruhi keseimbangan kondisi keuangan mereka.

 Memulai bisnis sampingan. Salah satu cara paling baik untuk memulai bisnis sampingan adalah dengan melakukan sesuatu yang menjadi hobi atau kesukaan seorang individu. Dengan terus menerus belajar dan menekuni hobi, tersebut serta menjadikannya sebagai bisnis sampingan, maka jumlah pemasukan yang ada akan semakin bertambah.

            Memperluas jaringan dan menjaga hubungan baik dengan setiap orang. Kesempatan bisa datang kapan saja dan melalui siapa saja. Jaringan yang luas dan hubungan yang baik akan lebih mendekatkan seseorang dengan kemungkinan untuk bisa menambah jumlah pemasukan yang ada.

            Hidup hemat. Hidup hemat adalah salah satu gaya hidup yang bisa membantu setiap orang untuk memperkecil jumlah pengeluaran mereka.

Jadi,Setiap individu juga bisa memanfaatkan berbagai panduan finansial yang dapat didapatkan dengan mudah di pasaran, baik dalam bentuk buku ataupun artikel, yang akan sangat membantu mereka untuk mengatur kondisi keuangan mereka untuk kebaikan mereka sendiri kini dan masa yang akan datang nanti.