Mengenal Tarian Gong Yang Berasal Kalimantan Timur

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam suku dan budaya dari Sabang sampai dengan Marauke. Salah satunya adalah budaya yang berasal dari pulau Kalimantan khususnya Kalimantan Timur yaitu tari Gong. Tari Gong atau disebut juga tari Kancet Ledo merupakan tarian yang berasal dari suku Dayak Kalimantan Timur.

Tari Gong dimainkan oleh perempuan suku Dayak dengan menggunakan pakaian khas suku Dayak. Dipinggang sang penari juga dipasangkan taah atau kain yang dihiasi manik-manik, dan juga di bagian kepala memakai lavung semacam topi yang terbuat dari rotan. Yang sangat menarik dalam pakaian penari adalah bulu ekor burung Enggang yang terpasang di kedua tangan penari.

Tari Gong  dimainkan di atas gong dengan penuh kelembutan dan keanggunan dengan diiringi oleh alat musik khas Kalimantan bernama sepeq dengan tempo yang lambat. Tari Gong berbeda  dari tarian Kalimantan Timur lainnya karena tarian ini mempunyai gerakan yang sedikit dan terkesan diulang-ulang.

Tarian ini biasannya dilakukan di dalam ruangan seperti gedung kesenian, lamin adat, lapangan, atau tempat lainnya tergantung penyelenggara acara. Tarian ini berfungsi untuk penyambutan tamu agung, acara pernikahan, festival budaya, dan juga penyambutaan atas kelahiran bayi kepala suku. Tarian ini juga berfungsi sebagai sarana tontonan untuk menambah uang kas sanggar tari dan juga memperkenalkan budaya Dayak melalui pariwisata.

Kita sebagai generasi muda bangsa Indonesia juga harus terus melestarikan budaya yang ada di Indonesia jangan sampai budaya Indonesia punah atau terlupakan.

Salfachira // 2440060925

https://merahputih.com/post/read/nilai-keanggunan-wanita-dalam-tari-kancet-ledo

https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/07/130500369/tari-gong-tari-tradisional-khas-kalimantan-timur?page=all

http://www.negerikuindonesia.com/2015/03/tari-gong-kalimantan-timur.html

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditwdb/tari-gong-kecamaan-long-bangun-merupakan-bentuk-tari-tunggal/