Restoran Jepang Terkenal Ternyata Aslinya dari Indonesia!?

 

                                                                                Sumber : Blibli.com


Kalian semua pasti sudah tau kan dengan restoran satu ini? Hoka-Hoka Bento atau yang sekarang dikenal dengan Hokben merupakan restoran cepat saji yang menyediakan berbagai macam makanan Jepang mulai dari nasi bento sampai dengan ramen. Tetapi apakah kalian tau, meskipun menyediakan makanan Jepang ternyata Hokben ini aslinya dari Indonesia lho, lah kok bisa gitu ya?

Hokben pertama kali didirikan oleh Hendra Arifin di Jakarta Pusat. Pada saat itu Hendra Arifin merupakan seorang pegawai biasa di salah satu perusahaan otomotif di Indonesia. Pada suatu hari ia memiliki ide untuk membuka bisnis restoran Jepang yang baru karena ia melihat besarnya peluang bisnis makanan Jepang tersebut, dimana saat itu bisnis restoran di Jepang masih sangat sedikit.

Dengan keinginannya yang tinggi Hendra memutuskan untuk pergi ke Jepang dan membeli hak lisensi Hoka-Hoka Bento yang asli dari Jepang. Setelah itu Hendra dengan bantuan PT. Eka Bogainti membuka restoran Hokben untuk pertama kalinya di Indonesia pada tanggal 18 April 1985. 

Pada tahun 1990, Hokben membuka cabang mereka diluar daerah Jakarta mencapai 26 cabang di Pulau Jawa. Hingga saat ini Hokben telah membuka lebih dari 300 cabang di seluruh Indonesia dan menjadi salah satu restoran makanan Jepang yang sangat sukses di Indonesia.

Bagaimana nih guys, sekarang jadi tau kan kalau Hokben itu produksi asli Indonesia :D.

Source:


Penulis  : Tarisa Aurelia

NIM: 2702369932