Tipe Pedang Dari Jepang

Pada zaman dahulu kala, sebelum penggunaan pistol dan bubuk mesiu menyebarluas di seluruh dunia, orang-orang menggunakan pedang, panah, tombak, dll. untuk mempertahankan diri mereka dari berbagai macam ancaman atau untuk berburu. Nah, jika berbicara tentang pedang dari Jepang, tentu kata “katana” langsung terbersit di benak kita. Namun, sesungguhnya katana adalah salah satu dari sekian banyak jenis pedang yang berasal dari Jepang. Masih banyak terdapat jenis pedang lainnya, namun kali ini kita akan membahas tipe pedang yang paling terkenal di kalangan umum.

1. Katana

Katana, seperti yang kita tahu adalah pedang yang paling dikenal oleh masyarakat internasional. Katana memiliki panjang sekitar 90 – 120cm, dan pegangannya menutupi sekitar ¼ bagian dari pedangnya, serta memiliki lengkungan yang kurang lebih 2.5cm. Karena daerah pegangannya cukup Panjang, katana dapat digunakan dengan kedua tangan. Dahulu, pedang ini biasanya digunakan oleh samurai dari zaman Edo untuk pertarungan outdoor.

2. Wakizashi

Wakizashi dapat disebut sebagai bentuk lebih pendek dari katana. Pedang ini memiliki panjang sekitar 30 – 60cm, dan biasanya dikenakan oleh Samurai bersama katana. Katana dan Wakizashi yang dipakai disebut sebagai daishō yang berarti “besar dan kecil”. Wakizashi berperan sebagai senjata sekunder.

3. Tanto

Tanto sebenarnya tidak dapat disebut sebagai pedang dan lebih pantas disebut sebagai pisau karena ukurannya yang terbilang cukup pendek, yaitu hanya 15 – 30cm saja. Tanto dapat bermata satu ataupun dua dan dapat digunakan untuk menusuk, memotong, dan mengiris. Tanto juga dapat digunakan sebagai senjata sekunder seperti Wakizashi. Namun, kian hari Tanto hanya digunakan sebagai senjata untuk dekorasi saja.

4. Tachi

Tachi sebenarnya adalah “nenek moyang” dari katana yand dibuat oleh ahli pedang legendaris bernama Amakuni. Tachi memiliki Panjang sekitar 75cm dan bilahnya berbentuk lebih melengkung daripada Katana. Pada zaman dahulu, Tachi digunakan oleh kavaleri untuk bertarung melawan infanteri.

5. Nodachi

Nodachi adalah versi besar dari pedang Tachi. Pedang ini juga disebut sebagai greatsword-nya Jepang. Pedang ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada katana, yaitu sekitar 140cm. Pedang ini dahulu digunakan oleh infanteri untuk bertarung melawan kavaleri di tempat yang terbuka.

 

Faustina Patria – 2440069155

Sumber:

https://monkeysfightingrobots.co/the-five-types-of-samurai-swords/

https://kidadl.com/articles/ultimate-list-of-samurai-sword-names-and-types

https://www.martialartswords.com/blogs/articles/comparing-the-different-blade-types-of-the-japanese-tanto

https://www.epicarmoury.com/weaponry/two-handed-swords/nodachi-140-cm/c-280/p-20816/#:~:text=Epic%20Armoury’s%20Nodachi%20is%20a,long%20single%20edged%20cutting%2Dblade.