Pantai Tanjung Tinggi, Keeksotisan Alam dari Pulau Belitung

 

Pulau Belitung memiliki banyak pantai yang eksotis, salah satunya yang terkenal adalah Pantai Tanjung Tinggi. Selain karena keeksotisannya, pantai ini juga terkenal sebagai tempat syuting film Laskar Pelangi di tahun 2008. Maka dari itu, tidak jarang juga para penduduk lokal menyebutnya sebagai Pantai Laskar Pelangi. Pantai ini terletak di bagian utara Pulau Belitung, tepatnya di Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Letaknya terbilang jauh dari jika ditempuh dari kota Tanjung Pandan, yaitu sekitar 36 KM dan memakan waktu perjalanan hingga 45-60 menit. Nama Tanjung Tinggi diambil dari kata ‘tanjung’ yang berarti semenanjung dan ‘tinggi’ yang berarti pantai yang memiliki bebatuan tinggi. Sesuai dengan filosofi namanya, Pantai Tanjung Tinggi identik dengan batu granit besar yang memiliki bentuk unik di sepanjang garis pantai. Ukurannya pun sangat beragam, mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik,  yang membuatnya terlihat lebih besar dari bangunan sebesar rumah. Hamparan pasir putih nan lembut dengan warna laut biru tosca yang memantulkan warna langit di atasnya, membuat pantai ini sangat indah sejauh mata memandang. Pantai ini termasuk pantai yang memiliki ombak tenang, sehingga relatif aman untuk berenang dan menyelam. Di saat berenang atau menyelam pun, pengunjung tidak perlu takut adanya dengan serangan ikan hiu maupun Rip Current (arus pecah). Hanya saja, pengunjung perlu mewaspadai kemunculan ubur-ubur yang sering terjadi pada musim angin barat (sekitar Desember, Januari, dan Februari).

Untuk mencapai tempat wisata ini, disarankan untuk memakai mobil pribadi. Meski terbilang agak jauh dari pusat kota seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kondisi jalanan di Belitung tidak terlalu ramai, sehingga jarang terjadi kemacetan. Sampai saat ini, Pantai Tanjung Tinggi belum dikenakan tiket masuk, dalam artian pengunjung dapat berwisata dengan gratis di sini. Meski dikelola oleh penduduk sekitar, pantai ini tetap menyediakan fasilitas bagi pengunjung, mulai dari warung makan yang menyediakan berbagai makanan seafood, sewa pelampung, toilet dan lain-lain. Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan malamnya di dekat pantai, tidak jauh dari lokasi terbanyak pilihan hotel dan penginapan kelas melati. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pantai ini memiliki banyak batu granit besar sehingga sangat cocok untuk spot foto aesthetic dengan pemandangan pantai yang indah.

Di Pantai Tanjung Tinggi ini, tidak ada larangan untuk memanjat batu granit. Namun perlu diingat, batu granit disini terdapat banyak kerang-kerang kecil yang beresiko menimbulkan luka di telapak kaki ketika tidak memakai sandal atau sepatu. Dan yang terpenting, tetap jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya ya, demi menjaga kelestarian pariwisata alam Indonesia !

 

Nama : Sheriany Chandra

NIM : 2440007730

 

Referensi :

https://www.tanjungkelayang.indonesia-tourism.com/tanjung_tinggi.html

https://travel.kompas.com/read/2019/11/12/193000627/pantai-tanjung-tinggi-tempat-wisata-wajib-dikunjungi-saat-ke-belitung?page=all

https://travel.kompas.com/read/2016/08/27/113800127/Pantai.Tanjung.Tinggi.Destinasi.Wisata.Favorit.di.Belitung?page=all