Superhero That Can Fly, Yuzuru Hanyu!

Siapa yang tidak mengenal Yuzuru Hanyu? Pria kelahiran Sendai, 7 Desember 1994 ini merupakan salah satu figur skating kebanggaan Jepang. Hanyu sudah menjadi Juara Olimpiade dua kali, juara World Champion dua kali, dan juara Final Grand Prix empat kali berturut-turut dari tahun 2013-2016. Selain terkenal dengan prestasinya, dia juga terkenal dengan keramahan, kesopanan dan kemurahan hatinya. Dia telah berdonasi $882, 514.54 atau setara dengan 1 triliun untuk Jepang. Dan baru-baru ini, dia melelang sepatu skatingnya yang terjual dengan harga $64.000 atau seharga 800 juta untuk korban gempa bumi tahun 2011 di Jepang.

Hanyu juga sangat menyukai Winnie the Pooh hingga dia dijuluki oleh fansnya “Pooh Prince”. Dia juga menjadikan kotak tissue berkarakter Winnie the Pooh sebagai jimat yang harus dibawa saat performances. Tidak jarang, di akhir penampilannya banyak fans yang melempari boneka Pooh ke area skating. Boneka ini kemudian disumbangkan untuk anak-anak yatim piatu.

Hanyu awalnya tertarik dengan skating saat menonton kakak perempuannya mengikuti kursus skating. Namun dari kecil kesehatannya tidak sebaik anak-anak lain, karena dia menderita penyakit asma. Saat itu, dia menganggap skating sebagai terapi daripada karier. Namun akhirnya, dia memutuskan untuk menekuni skating dan bekerja lebih keras untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya. Dia memenangkan medali perunggu pertamanya saat dia kelas 4 di National Novice Competition.

Pada tahun 2011, Hanyu menjadi korban gempa bumi dan tsunami di Jepang. Untungnya Hanyu tidak terluka. Dikutip dari autobiograpynya, Blue Flames, Hanyu mengatakan bahwa gempa bumi “totally changes my values.” Dia bersama skater lain bergabung dalam acara penggalangan dana untuk Jepang. Tiga tahun kemudian, dia memenangkan medali emas di Olimpiade. Hanyu menyebutnya “hadiah untuk negaraku.” Pada tahun 2018, dia kembali memenangkan medali emas Olimpiade untuk kedua kalinya setelah mengalami cedera parah di bagian punggung. Hanyu dinobatkan sebagai “superhero that can fly” versi Google-Years in Seach 2019.

Pada tahun ini, Hanyu menggumumkan bahwa dia mengundurkan diri dari seri Grand Prix 2020. “Dengan penyesalan yang mendalam, saya telah memutuskan untuk mundur dari seri Grand Prix di musim ini. Saya berharap pandemi Covid-19 akan berakhir secepatnya.” ucap Hanyu. Namun dia tidak lupa untuk menghibur fansnya dengan membuat video performancenya tanpa skating. Video ini telah ditonton oleh satu juta orang di akun twitter @skatingjapan. Semoga Yuzuru Hanyu bisa mengikuti pertandingan tahun depan yah!

 

Penulis: Delevin Natasha (2301850531)

Referensi: