Kappa Sang Penghuni Sungai

Jepang dikenal memiliki banyak mahluk mitologi yang memiliki rupa seperti hewan atau tumbuhan yang biasa disebut dengan youkai. Salah satu youkai yang banyak dikenal oleh masyarakat Jepang adalah Kappa (‎河童, かっぱ). Kappa merupakan mahluk mitologi Jepang yang tinggal di sungai atau danau. Kappa memiliki banyak sebutan, seperti kawappa, gawappa, kawaso, dan masih banyak lagi. Mereka memiliki penampilan seperti hewan reptil, yaitu bertubuh pendek, kulitnya berwarna hijau tua, kepalanya seperti mangkok berwarna kuning, mulutnya seperti paruh bebek, dan punggungnya memiliki tempurung kura-kura. Penampilan Kappa seperti itu mempengaruhi kemampuan fisiknya, yaitu berenang lebih cepat daripada manusia.

Kappa memiliki sifat yang jail dan kadang melukai manusia, tetapi ada juga yang baik kepada manusia atau tidak melukai manusia tersebut. Namun ada Kappa jahat yang mengatakan kalau Kappa sering melukai hewan ternak, anak-anak, dan wanita. Sementara, Kappa yang baik akan senang bermain dengan anak-anak dan sekadar melakukan aksi jail yang tidak melukai manusia.

Hal yang melekat pada Kappa adalah timun. Banyak yang percaya kalau timun adalah makanan kesukaan Kappa. Pada zaman Edo, masyarakat percaya jika melemparkan timun yang sudah dituliskan nama mereka ke sungai atau danau agar melindungi mereka dari serangan Kappa.

Keberadaan Kappa masih dipertanyakan dan dianggap sebagai salah satu mahluk mitologi yang dipercayai oleh masyarakat Jepang. Legenda mereka banyak diceritakan dari generasi ke generasi sebagai cerita untuk anak-anak agar mereka lebih berhati-hati saat bermain di sungai. Saat ini, Kappa sudah diadaptasi dalam berbagai media, seperti novel, komik, anime, dan games. Kappa populer dalam kalangan anak muda sebagai mahluk mitologi yang unik.

 

Sumber:

https://www.britannica.com/topic/kappa-Japanese-mythology

https://taiken.co/single/kappa-the-frenemy-creature-of-japan/

Kappa

Feiren Dina Junia

2301892156