LDK CP: LACTOSE 14.0

LACTOSE 14.0:  Rising Above Individuality, Amplifying Collective Strength, Inspiring Innovative Solutions, and Nurturing New Leadership for a brighter tomorrow!

Pada tanggal 16-18 Juli 2024, HIMFOODTECH mengadakan acara wajib setiap tahunnya yaitu LDK-CP (Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus) yang bernama LACTOSE 14.0 yang mengusung tema “RAISIN: Rising Above Individuality, Amplifying Collective Strength, Inspiring Innovative Solutions, and Nurturing New Leadership for a Brighter Tomorrow,” acara ini bertujuan untuk mengembangkan kepemimpinan, memperkuat kerjasama tim, membangun semangat kebersamaan, serta mendorong inovasi di kalangan mahasiswa dalam berorganisasi. Hari pertama kegiatan berlangsung di Kampus Bina Nusantara, dimulai pukul 7.40 pagi yang dimulai dengan pembukaan oleh MC dan pengisian entry ticket. Selanjutnya doa pembuka yang dipimpin oleh Moira, dilanjutkan kata sambutan dari Ketua Jurusan Food Technology, Ibu Diana Lo. Kemudian Ketua Umum HIMFOODTECH 2024/2025, Natasya Kristy, dan Ketua acara LDK-CP, Chintya Felinda.

Gambar 1. Peserta Bersiap Memasuki Ruangan Acara

Gambar 2. Kata Sambutan dari Ibu Diana Lo

Setelah sesi kata sambutan, dilakukan ice breaking pertama yaitu “Drink and Think”. Setiap tim akan berjejer di meja panjang dan berhadapan dengan tim lain. Anggota tim akan bergantian menebak rasa jus yang diminum. Tim yang paling cepat dan tepat menebak rasa jus akan memenangkan 10 poin. 

Gambar 3. Ice Breaking 1: Drink and Think

Sesi selanjutnya adalah pemaparan materi tentang Personal Branding oleh Bapak Reggie Surya. Personal branding sendiri merupakan strategi untuk membangun reputasi diri dengan menonjolkan keterampilan, pengalaman, dan nilai-nilai pribadi. Tujuannya adalah meningkatkan kepercayaan dan membuka peluang karir yang lebih luas dengan langkah praktis dengan mengenali kekuatan dan kelemahan, menunjukkan kreativitas, meningkatkan visibilitas, dan konsistensi dalam interaksi.Keseimbangan antara personal branding dalam organisasi penting dalam mencapai kesuksesan bersama. Selesai pemaparan materi, peserta diberikan tugas untuk mengenal diri dan lingkungan menggunakan metode SWOT. Selain itu, mendeskripsikan personal branding mereka dan menjelaskan bagaimana mereka dapat berkontribusi pada organisasi berdasarkan personal branding tersebut. Setelahnya dilakukan sesi tanya jawab, penyerahan sertifikat, dan diakhiri dengan post-test. 

Gambar 4. Pemaparan Materi Personal Branding dari Pak Reggie, Sesi QnA, Penyerahan Sertifikat, dan Post-test

Kemudian, Kak Natalia Devi, Ketua Umum HIMFOODTECH 2023/2024, menjadi pembicara berikutnya dengan materi Strategic Management. Dalam materi ini dijelaskan tentang keberhasilan suatu organisasi sangat tergantung pada kepemimpinan yang efektif, kerjasama tim yang solid, visi yang jelas, dan komunikasi yang terbuka. Pemimpin yang ideal mampu mengarahkan dan mengevaluasi tim untuk mencapai tujuan bersama. Dengan mengintegrasikan kepemimpinan yang kuat, visi, komunikasi, inovasi, dan kolaborasi, organisasi dapat mencapai kesuksesan jangka panjang. Dilanjutkan sesi tanya jawab,  penyerahan sertifikat, dan diakhiri dengan post-test.

Gambar 6. Ice Breaking 2: Ballon Lineup

Permainan selanjutnya adalah “Relay Dribbling”, di mana setiap kelompok harus mengalirkan balon dari depan ke belakang melalui atas kepala tanpa menjatuhkannya. Kelompok yang paling cepat dan berhasil mengalirkan 10 balon ke belakang akan mendapatkan 10 poin tambahan. Setelah serangkaian aktivitas, peserta menjalankan sesi ISHOMA untuk minum dan makan. Setelah istirahat, dilakukan pengecekan name tag sesuai dengan ketentuan yang telah diberikan sebelumnya. Beberapa peserta meninggalkan name tag selama sesi ISHOMA sehingga name tag dikumpulkan dan dikembalikkan pada sesi pengecekan. Acara hari pertama telah selesai dan ditutup dengan doa penutup oleh Moira, pengisian exit ticket, dan sesi dokumentasi. Para peserta kembali ke rumah masing-masing untuk mempersiapkan diri mengikuti LDK-CP hari kedua dan ketiga. 

Gambar 7. Dokumentasi Peserta LDK-CP

Kegiatan LDK-CP hari kedua dimulai dengan berkumpulnya semua peserta dan panitia di lobby BINUS. Seluruh peserta berkumpul di binus pada pukul 08.30 WIB untuk absensi dan mulai berangkat menuju villa pukul 09.00 WIB menggunakan tronton. 

Gambar 8. Keberangkatan Menuju Villa dengan Tronton

Seluruh peserta dan panitia menginap di villa Kata Villa, yang bertempat di daerah Cisarua, Bogor, Jawab barat. Sesampainya di villa, seluruh peserta diberi kesempatan untuk istirahat sejenak sebelum memulai sesi lanjutan. Setelah istirahat selesai dilanjutkan sesi pemaparan materi oleh Natasya Kristy selaku Ketua Umum HIMFOODTECH 2024/2025 dengan tema regenerasi. 

Gambar 9. Pemaparan Materi Regenerasi Oleh Natasya Kristy, Sesi QnA, Penyerahan Sertifikat, dan Post-test

Setelah pemaparan materi, dilakukan ice breaking “sapi mencari kandang” di lapangan luar. Game ini dimainkan dengan konsep bahwa setiap anggota yang berperan sebagai sapi harus mencari kandang kosong untuk ditempati sehingga semua sapi bisa masuk ke kandang dan kemudian diakumulasikan sebagai poin. Semua peserta sangat antusias dalam permainan ini karena melibatkan kerjasama tim dan kecepatan tim. 

Gambar 10. Ice Breaking 1: Sapi Mencari Kandang 

Makan siang pada hari kedua disiapkan oleh setiap kelompok dengan memasak sendiri bahan- bahan yang telah mereka siapkan. Proses pemasakan ini dilakukan di lapangan terbuka. Setelah makanan setiap kelompok telah siap, semua peserta dipersilahkan untuk memakannya secara bersama- sama dan dilanjutkan dengan istirahat selama beberapa menit.

Gambar 11. Peserta Memasak Makan Siang

Setelah istirahat, acara dilanjutkan dengan sesi kedisiplinan dimana setiap peserta diminta untuk membawa beberapa barang yang telah ditentukan. Selain itu, pengurus himpunan juga menyampaikan kritik dan sarannya terhadap peserta LDK-CP. Setiap peserta yang melanggar ketentuan melakukan pertunjukan “mini theater” dengan tema yang ditentukan oleh panitia. Setiap kelompok menampilkan drama yang bertemakan disney dan cerita rakyat selama 5 menit. Setelah sesi disiplin, peserta diberikan waktu untuk istirahat dan ibadah Shalat Ashar serta bersih-bersih. Kemudian Ice breaking yang kedua “Tarik sis, SUIT” dilakukan di halaman luar. Game ini dilakukan dengan konsep 2 kelompok bermain dan menggunakan jalur yang terbuat dari 15 kertas yang disusun di lantai. Kedua kelompok mengirimkan pemain untuk beradu suit di tengah jalur. Permainan berlanjut hingga salah satu tim mencapai ujung jalur terlebih dahulu. 

Gambar 12. Ice Breaking 2: Tarik Sis, SUIT!

Setelah Ice breaking yang kedua, peserta LDK-CP diberikan waktu untuk istirahat dan mengganti celana serta beberes singkat sebelum masuk ke sesi pemaparan materi mengenai Finance yang disampaikan oleh Amira Aurelia Yumna selaku Bendahara HIMFOODTECH 2024/2025. Peserta LDK-CP berperan aktif dalam sesi tanya jawab untuk materi finance yang disampaikan oleh Amira. Seperti sebelumnya, peserta mengerjakan Post-Test mengenai materi Finance yang telah disampaikan.

Gambar 13. Pemaparan Materi Finance oleh Amira Aurelia, Bendahara 

HIMFOODTECH 2024/2025

Setelah pemaparan materi Finance, Ice breaking ketiga “Pop the Balloon + Fill the Bottle”. Game Pop the Balloon dilakukan dengan konsep setiap kelompok berbaris sejajar ke belakang, kemudian kelompok yang akan berkompetisi akan berjajar berlawanan. Anggota kelompok paling belakang akan diikatkan dengan balon sehingga para kelompok akan bersaing untuk memecahkan balon lawan. Game Fill the Bottle dilakukan langsung setelah  game Pop the Balloon. Game ini berkonsep 2 kelompok yang akan bermain berlawanan, masing-masing anggota bergilir akan mengisi botol kosong dengan air melalui gelas plastik. Anggota yang sedang bermain harus berhasil melewati dan mengisi air di botol hingga penuh. Setelah ice breaking ketiga, peserta diberikan waktu untuk mandi dan membersihkan diri serta makan malam yang telah disediakan oleh panitia. Kemudian sharing session dilakukan dengan peserta dan panitia berkumpul dan duduk melingkar untuk memberikan kesan dan pesan yang telah dilakukan selama 1 hari Day 2 LDK-CP. Peserta dilanjutkan untuk menunjukkan performance yang telah disiapkan. Setelah semua rangkaian acara berakhir, peserta dan panitia LDK-CP diberikan waktu untuk tidur.

Pada hari terakhir, acara LDK-CP dibuka dengan melakukan Games pos yang diadakan pada pukul 04.00 WIB. Games pos mengharuskan setiap kelompok peserta ditugaskan untuk mengunjungi setiap Pos yang tersebar di daerah sekitaran villa selama 3 menit dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh setiap panitia yang berada di pos selama 10 menit. Setelah menyelesaikan tugas yang diberikan peserta akan mendapatkan tanda tangan dari panitia yang bertugas yang berperan sebagai poin. Setelahnya peserta dikumpulkan kembali di lapangan villa untuk melakukan perhitungan skor dari Games pos dan melakukan senam pagi. 

Setelah melakukan senam pagi peserta diberikan waktu untuk mandi & berberes serta untuk mengganti dresscode untuk kegiatan selanjutnya. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Geldarahaz Mialma Syifa, selaku sekretaris umum HIMFOODTECH 2024/2025, dengan tema Administration & Operation dan diikuti dengan sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat. 

Gambar 14. Dokumentasi Pemaparan Materi Administration & Operation Geldarahaz Mialma Syifa, Sesi QnA, Penyerahan Sertifikat, dan Post-test

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang keseluruhan games yang diadakan dari hari pertama hingga hari ketiga acara LDK-CP serta penyerahan hadiah berupa indomie terhadap kelompok yang menang oleh DPI Umum HIMFOODTECH periode 2024/2025.

Gambar 15. Dokumentasi Pemenang Games LDK-CP D1~D3

Selanjutnya setiap peserta LDK-CP dikumpulkan kembali di lapangan villa untuk melakukan sesi penyerahan atribut himpunan berupa jaket dan pin HIMFOODTECH sebagai tanda apresiasi terhadap kerja keras aktivis dari awal bergabung dengan HIMFOODTECH juga karena sudah mengikuti acara LDK-CP selama 3 hari. Setelahnya acara dilanjutkan dengan kata penutup dari ketua acara dan ketua umum HIMFOODTECH, Upacara berupa pembacaan janji organisasi serta pemberian selamat dari seluruh pengurus HIMFOODTECH kepada semua peserta LDK-CP dengan menjabat tangan.

Gambar 16. Sesi Upacara & Pemberian Selamat dan Apresiasi Pengurus kepada para Aktivis

Dengan selesainya sesi penyerahan atribut dan upacara pembacaan janji organisasi Acara LDK-CP resmi selesai dengan melakukan dokumentasi bersama. Setelahnya para peserta dan panitia LDK-CP berangkat kembali dari villa di Puncak menuju BINUS, Alam Sutera