ECLÁIR – CHOCOLATE : COOKING WITH FOOD TECHNOLOGY APPLICATION

Pada tanggal 27 Mei 2023, HIMFOODTECH baru aja ngelaksanain event yang berjudul ECLAIR. Nah, ECLAIR ini merupakan program kerja baru dari HIMFOODTECH 2022/2023. ECLAIR merupakan singkatan dari lEt’s Cook and LeArn It togetheR. ECLAIR kali ini mengangkat tema CHOCOLATE yaitu Cooking witH fOod TeChnOlogy appLicAtion InnovaTivEly yang dilaksanakan di atrium Universitas Bina Nusantara. Tema tersebut diangkat dengan tujuan untuk memperkenalkan pengaplikasian ilmu Food Technology dalam kehidupan sehari-hari. ECLAIR ini dimeriahkan dengan mengundang pembicara dosen yang juga mengajar mahasiswa jurusan Food Technology. Pada ECLAIR tahun ini, peserta akan membuat souffle pancake dan juga popping boba yang akan langsung didemonstrasikan oleh pembicara dosen kita kali ini yaitu Dr. Nur Fathonah Sadek, S.TP, M.Si. dan Ir. Andreas Romulo, S.TP., M.Sc., Ph.D, MQM.

Event ECLAIR ini diketuai oleh Angelina Hardjanto (Ketua Event ECLAIR) yang dibantu oleh panitia dari pengurus dan aktivis HIMFOODTECH. Di sela-sela kesibukan kuliah dan tugas kuliah, panitia ECLAIR bekerja keras untuk dapat merealisasikan event ECLAIR ini agar dapat terwujud dan terlaksana dengan lancar sehingga memenuhi ekspektasi para peserta yang mendaftar untuk mengikuti event ECLAIR ini.

Gambar 1. Kata Sambutan dari Bu Diana Lo

Gambar 2. Kata sambutan dari ketua umum HIMFOODTECH 2022/2023

Gambar 3. Kata sambutan dari ketua event ECLAIR

ECLAIR ini dibuka dengan kata sambutan dari para MC yang dilanjutkan dengan doa bersama serta pengisian entry ticket. Tentunya acaranya tidak lengkap kalau tidak ada kata sambutan Ir. Diana Lo, S.TP., M.Sc., Ph.D.,IPM sebagai ketua jurusan Food Technology, yang dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua umum HIMFOODTECH 2022/2023 yaitu Natalia Devi A.R.M. serta tidak ketinggalan juga kata sambutan oleh ketua event ECLAIR kali ini yaitu Angelina Hardjanto. ECLAIR kali ini dilaksanakan dalam 2 sesi, pada sesi pertama Dr. Nur Fathonah Sadek, S.TP, M.Si. akan mendemonstrasikan pembuatan souffle pancake. Kemudian, pada sesi 2 akan dilanjutkan oleh pemaparan materi terkait popping boba dan pembuatannya yang akan dibawakan oleh Ir. Andreas Romulo, S.TP., M.Sc., Ph.D, MQM.

Gambar 4. Sesi cooking souffle pancake

Pada sesi pertama, Ibu Dr. Nur Fathonah Sadek, S.TP, M.Si melakukan demonstrasi dengan membuat souffle pancake. Demonstrasi dimulai dengan pengenalan alat dan bahan yang akan digunakan selama sesi memasak. Setelah itu, sesi memasak dipandu oleh Ibu Nur Fathonah Sadek dan diikuti oleh para peserta. Sambil menunggu peserta-peserta yang belum selesai memasak souffle pancake, sesi tanya jawab dilakukan dengan expert. Sesi QnA berlangsung dengan para peserta yang mengajukan pertanyaan seputar makanan yang dibuat yaitu souffle pancake.

Gambar 5. Sesi pemaparan materi terkait popping boba

Gambar 6. Sesi cooking popping boba

Sesi kedua yang dibawakan oleh Bapak Ir. Andreas Romulo, S.TP., M.Sc., Ph.D, MQM. diawali dengan pembawaan materi yang mendukung mengenai inovasi pangan Popping Boba. Pada pembawaan materi ini, dijelaskan mengenai pengembangan inovasi pangan dan bagaimana cara kerja pembuatan Popping Boba. Sesi kedua dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan Popping Boba dengan diikuti oleh peserta secara langsung. Pembuatan Popping Boba dilakukan dengan memasukkan larutan jus buah dan sodium alginate yang telah dipreparasi sebelumnya ke dalam spuit. Larutan dalam spuit kemudian ditetesi pada larutan kalsium laktat setetes demi setetes. Setelah itu, larutan jus dan sodium alginat yang telah direndam pada larutan kalsium laktat dibilas dengan air mineral dan disajikan dengan minuman segar.

Gambar 7. Sesi dokumentasi bersama peserta

Acara berlangsung dengan lancar, disertai dengan antusias para peserta. Terdapat lebih banyak tantangan dalam membuat souffle pancake ketimbang membuat popping boba, di mana targetnya adalah pancake tidak gosong dan memiliki ketebalan yang pas. Keberhasilan membuat souffle pancake dan popping boba tentunya menghasilkan rasa senang tersendiri bagi para peserta, ditambah prosesnya yang dilakukan secara berkelompok. Walaupun cukup melelahkan, tetapi acara ECLAIR pertama ini mengesankan bagi para peserta. Nantikan keseruan ECLAIR berikutnya!