5 Makanan Wajib Natal di Berbagai Negara, Apa Aja Sih?

5 Makanan Wajib Natal di Berbagai Negara, Apa Aja Sih?

Oleh:

Chinta Ferlian – 2502033544

Talitha Najla Delfis – 2540134501

Evelyn Vania Ariawan – 2501984581

Eunike Hana Megumi – 2540125705

Angelina – 2501959200

Rahel – 2502027812

Richard Darmawan T – 2502018285

 

Hidangan lezat pada perayaan natal menjadi pelengkap yang baik jika tersedia di meja makan. Hal ini telah menjadi salah satu tradisi lama bagi setiap masyarakat di seluruh dunia dalam rangka perayaan natal. Setiap keluarga pasti akan menantikan hidangan lezat ini dan memiliki menu tertentu yang menjadi favoritnya. Dalam pemilihan penyajian makanan pada negara-negara di setiap belahan dunia, yaitu Asia, Amerika, Afrika, Eropa, Australia tentu memiliki khasnya masing-masing. Makanan yang dihidangkan tentu sangat beragam, mulai dari makanan manis hingga asin. Makanan-makanan ini tentunya selalu dihadirkan pada hari natal sekaligus dalam penyambutan menuju tahun baru. Berikut merupakan beberapa makanan khas dari setiap benua dalam perayaannya masing-masing.

 

Makanan Natal Khas Asia

Salah satu negara di Asia, yaitu Jepang mempunyai makanan khas natal yang dikenal dengan nama Kurimasu Keiki. Makanan ini mempunyai rasa yang manis dan dapat ditemukan di sepanjang toko kue di Jepang ketika natal. Tradisi tersebut sudah ada sejak tahun 1910. Kurisumasu keiki merupakan “Christmas Cake” khas Jepang dan mempunyai ciri khas dengan bentuknya yang seperti kue ulang tahun yang terdiri dari strawberry sponge cakes dan dilengkapi dengan whipped cream serta buah stroberi. Kue ini juga sering diberikan tambahan dekorasi khas Natal dan cokelat agar suasana Natal semakin terasa (Tim Okezone, 2021).

 

Makanan khas Eropa

   

Gambar 2. Roasted Turkey (Sumber: www.gotravelly.com)

 

    Kalkun panggang atau roasted turkey merupakan salah satu makanan khas natal dari Eropa, khususnya negara Inggris. Kalkun merupakan hidangan natal sejak tahun 1520 yang dikenal sebagai makanan mewah dan pada umumnya dimakan oleh bangsawan Inggris. Kalkun panggang ini menjadi pilihan makanan natal yang lebih populer dibanding daging angsa, bahkan 87% orang Inggris mempercayai bahwa natal tidak akan terasa lengkap tanpa adanya hidangan ini di meja (Ma’as, 2021). Kalkun memiliki daging yang lebih tebal dibanding ayam dan dipanggang dengan bumbu khas Inggris yang terasa sangat lezat saat masuk ke dalam mulut. Tak heran apabila hidangin ini sangat ditunggu-tunggu pada saat natal tiba (Sisil, 2020).

 

Makanan Natal Khas Amerika

Gambar 3. Hotdog (Sumber: https://www.idntimes.com/food/recipe/emma-kaes/resep-hot-dog-exp-c1c2)

    Hotdog merupakan salah satu makanan khas Amerika yang cukup terkenal di Indonesia. Hampir seluruh masyarakat yang berada dari negara yang berbeda-beda sangat familiar dan suka terhadap makanan ini. Di Indonesia, hotdog termasuk dalam makanan modern yang berupa roti yang bagian dalamnya terdapat berbagai macam bahan yang lezat yang dicampur dengan saus. Dalam proses pembuatannya, biasanya hotdog dipanggang menggunakan arang sehingga rasa yang ditimbulkan merupakan rasa yang khas. Toping yang terdapat pada hotdog ini bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing orang yang mengkonsumsinya. Daging yang digunakan pada hotdog ini juga berbeda-beda. Oleh karena itu, harga jual pada makanan hotdog ini berbeda-beda, tergantung dengan toping dan daging yang digunakan (Ussama, 2021). 

 

Makanan Natal Khas Afrika

Gambar 4. Ulat Mopane (https://lifestyle.okezone.com/read/2016/11/17/298/1544324/ulat-mopane-kuliner-ekstrem-di-namibia-afrika)

Terdapat berbagai macam cara perayaan yang dilakukan oleh orang-orang di dunia ini dalam perayaan hari natal, tak terkecuali masyarakat Afrika, khususnya di wilayah Afrika Selatan. Dalam perayaan natal, terdapat tradisi mengonsumsi ulat yang dinilai kaya akan gizi. Ulat tersebut bernama Mopane yang berasal dari spesies Gonimbrasia belina, atau yang biasa dikenal dengan ngengat kaisar. Disebut sebagai cacing mopane karena ulat jenis ini memakan daun pohon mopane setelah menetas di musim panas. Meskipun tidak terlalu dianggap sebagai makanan khas natal, namun ulat tersebut jumlahnya melimpah begitu menjelang perayaan Natal. Ulat jenis ini dibudidayakan layaknya unggas; yakni memiliki alur terstruktur mulai dari pemeliharaan, pengepakan, hingga siap disajikan di atas meja makan. Biasanya, panen ulat mopane akan dimulai pada akhir November, sehingga kelimpahan akan jumlah ulat ini sangat sering dan cocok jika disuguhkan selama perayaan Natal. Setelah dipanen, beberapa ulat akan diawetkan sepanjang tahun, sedangkan ulat segar biasanya langsung diolah dengan cara digoreng bersama bawang, tomat, dan cabai. Tekstur mopane konon menyerupai jamur kuping, namun memiliki rasa gurih yang mendominasi.

 

Makanan Natal Khas Australia

Gambar 3. Pavlova (Sumber: https://www.educationone-indo.com/4-makanan-natal-khas-australia/

Pastinya kurang lengkap jika tidak ada dessert di tengah-tengah hidangan makanan lain. Nah kali ini, Australia memiliki makanan khas natal yang berupa dessert, yaitu pavlova. Sebenarnya pavlova itu kira-kira apa ya? Jadi pavlova merupakan dessert yang terbuat dari meringue dengan tekstur yang renyah dan lembut. Pavlova dilengkapi dengan buah-buahan seperti raspberries, pisang, dan markisa. Buah-buahan yang digunakan tersebut mengiringi rasa manis dari pavlova sehingga rasa pavlova menjadi seimbang. Bulan Desember di Australia bertepatan dengan musim panas. Pastinya cocok banget musim panas ditemani dengan dessert yang manis dan asam. Selain makanan manis, Australia juga memiliki makanan khas natal yang berupa makanan asin, yaitu seafood. Seafood khususnya udang merupakan menu populer saat BBQ. Meskipun terlihat sederhana, udang merupakan salah satu hidangan istimewa saat natal dan musim panas.

 

Berikut    pemaparan terkait 5 makanan wajib saat Hari Raya Natal yang ada di berbagai negara. Makanan-makanan tersebut kerap dihidangkan saat kumpul bersama keluarga dan kerabat untuk merayakan Natal dan masing-masing memiliki cita rasa tersendiri yang dirindukan setiap bulan Desember oleh masyarakat setiap negara. Tertarik untuk mencoba?

 

REFERENSI:

Kaes, E. (2019, Juni 14). IDN Times. Retrieved from https://www.idntimes.com/food/recipe/emma-kaes/resep-hot-dog-exp-c1c2 

Ussama. (2021, September 25). Elrajab. Retrieved from https://elrajab.com/makanan-khas-amerika/ 

Rizki. (2016, December 28). Education One. Retrieved from 4 Makanan Natal Khas Australia: https://www.educationone-indo.com/4-makanan-natal-khas-australia/

Tim Okezone. (2021). Dari Asia hingga Yunani, Kenali 4 Makanan Khas Natal di Berbagai belahan Dunia – BuddyKu. BuddyKu. https://buddyku.com/wisata-dan-kuliner/8rfPmU/dari-asia-hingga-yunani-kenali-4-makanan-khas-natal-di-berbagai-belahan-dunia

Grid.id.com. (2021, 23 Desember). Sejarah Kalkun Panggang, Sajian Khas Perayaan Natal di Britania Raya. Diakses pada 19 Desember 2022 dari https://bit.ly/3FCyClp

Gotravelly.com. (2020, 23 Desember). 8 Makanan Khas Natal di Eropa Tawarkan Rasa Yang Creamy dan Lezat. Diakses pada 19 Desember 2022 dari https://bit.ly/3V3C669