Bunga Kenop Dapat Dikonsumsi?

Oleh: Anita Angelica (2440010385)

Gambar 1. Potret Bunga Kenop

Bunga kenop atau globe amaranth yang memiliki nama latin Gomphrena globosa merupakan tumbuhan liar yang sering ditemukan di pinggir jalan, pinggir pekarangan rumah, dan ladang. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga 1 meter, berbatang tegak, berambut, dan berwarna hijau. Berdaun tunggal, berbentuk memanjang, terpi rata, ujung meruncing, berwarna hijau, dan berambut. Bunganya berbentuk bulat dengan warna ungu, ungu kemarahan, pink, orange, putih, atau merah. Bunga kenop ini tersusun atas capitulum atau bonggol bunga yang merapat lembarannya sehingga membentuk kepala-berbentuk bulat atau panjang membulat. Sering kali tumbuhan ini diabaikan begitu saja karena merupakan tumbuhan liar. Sering juga tumbuhan ini dipetik untuk dijadikan hiasan karena warnanya yang cantik. Namun, siapa sangka bahwa tumbuhan liar ini ternyata dapat dikonsumsi loh!

Gambar 2. Teh Bunga Kenop

Cara konsumsi bunga ini biasanya dengan dijadikan teh. Cara pembuatannya adalah dengan merebus bunga yang telah dicuci. Tidak hanya dapat dikonsumsi, namun tumbuhan ini juga bermanfaat bagi tubuh manusia. Bunga ini memiliki kandungan antioksidan serta kandungan kimia yang unik berupa gomphrenin I, II, III, dan IV. Bunga kenop dapat berfungsi untuk mencegah dan mengobati asma, disentri, demam, radang mata, gangguan buang air kecil, dan batuk. Untuk mengobati penyakit yang telah disebutkan diperlukan bahan-bahan lain dan racikan yang berbeda. Sehingga alangkah baiknya dapat berkonsultasi terlebih dahulu ke ahli herbal sebelum menggunakan bunga kenop untuk pengobatan ya teman-teman!

 

Referensi:

  1. Hariana, A. (2013). 262 tumbuhan obat dan khasiatnya. Indonesia: Penebar Swadaya.
  2. Hidayat, R.S., Napitupulu, R.M. (2015). Kitab Tumbuhan Obat. Jakarta : AGRIFLO
  3. Jin, Liang; Li, Xiao-Bai; Tian, Dan-Qing; Fang, Xian-Ping; Yu, Yong-Ming; Zhu, Hui-Qin; Ge, Ya-Ying; Ma, Guang-Ying; Wang, Wei-Yong; Xiao, Wen-Fei; Li, Mei  (2016). Antioxidant properties and color parameters of herbal teas in China. Industrial Crops and Products, 87(), 198–209. doi:10.1016/j.indcrop.2016.04.044