KEMBARAN ANGGUR YANG KAYA MANFAAT

Oleh:

Angela Viandri – 23018853092

 

Pernahkah kalian melihat atau bahkan mencicipi buah yang mirip dengan anggur namun dengan karakteristik dan rasa yang sangat berbeda dari yang kalian bayangkan? Apakah kalian pernah mendengar tentang buah Jamblang ? Tahukah kalian bahwa buah kembaran buah anggur ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia?

Buah jamblang merupakan buah yang umumnya dianggap serupa dengan buah anggur karena bentuk dan warna keduanya yang hampir sama. Namun demikian, buah jamblang dan buah anggur merupakan jenis buah yang berbeda. Buah jamblang dengan nama latin Syzigium cumini L. umumnya berwarna hijau ketika masih muda dan bewarna ungu kemerahan ketika matang. Rasanya agak asam, manis, sepat, dan segar. Bentuknya yang lonjong dengan satu biji yang keras dan bewarna putih memiliki beragam manfaat.

Buah jamblang merupakan buah lokal yang memiliki banyak vitamin seperti asam askorbat, tiamin, dan niacin. Buah ini memiliki beragam manfaat karena banyaknya senyawa aktif yang terkandung di dalamnya. Salah satu senyawa aktif yang terkandung dalam buah jamblang adalah polifenol yang dapat bertindak sebagai antioksidan alami. Buah jamblang juga mengandung oleanolic acid yang dapat menekan risiko atherosklerosis pada penderita diabetes karena berperan dalam menekan radikal bebas pada pembentukan plak atau ateroma. Bagian biji, daun, dan kulit kayunya dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah yang potensial bagi penderita diabetes melitus tipe 2, berperan dalam pengobatan diare, dan pembesaran limpa.

Meskipun khasiat dan manfaatnya yang sangat beragam, buah jamblang ini kurang dikenal oleh masyarakat sehingga pengolahan, variasi, dan pemanfaatannya masih sangat sedikit. Namun, beberapa ahli sudah mulai meneliti dan mengembangkan pemanfaatan buah yang kaya akan manfaat ini. Tidak hanya sampai situ, banyak petani buah yang sudah mulai membudidayakan buah jamblang ini mengingat khasiat dan manfaatnya yang sangat beragam. Oleh karena itu, ke depannya buah ini dapat dikenal dan dimanfaatkan secara lebih luas oleh seluruh lapisan masyarakat.

 

Daftar Pustaka

Dalimartha, S., & Adrian, F. (2013). Fakta Ilmiah Buah dan Sayur. Jakarta : Penebar Plus.

Hakim, Z. R., Isnaini, P. K., & Genatrika, E. (2020). Formulasi, Evaluasi Sifat Fisik, dan Uji Efektivitas Tabir Surya Losion Ekstrak Buah Jamblang (Syzygium cumini (L.) Skeels). PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia)17(1), 225-240.

Marliani, L. (2014). Aktivitas antioksidan daun dan buah jamblang (syzigium cumini l.) Skeel. Prosiding SNaPP: Sains, Teknologi4(1), 201-206.