Luo Han Guo, si Buah Biksu yang Sehat dan Bermanfaat

Oleh:

Alvaro Karel Wijaya (2301864511); Atikah Sari Khairunnisa (2201733654);

Eileen Purnama (2301927323); Fabiola Sheren Rusandi (2301877003);

Hanna Alhamid (2301904875); Loveggie Bella Maitresya (2201756525);

Rafly Feisal De Roza (2301915891); Ruth Vanessa Hasiani (2301856825)

 

Siraitia grosvenorii atau yang lebih sering dikenal dengan Luo Han Guo, sebelumnya diklasifikasikan sebagai Momordica grosvenorii dan Thladiantha grosvenorii. S. grosvenorii merupakan tanaman merambat yang memiliki tinggi 2-5 meter, dengan buah berwarna hijau tua yang ketika kering akan berubah menjadi coklat. Buah Luo Han Guo banyak ditemukan di hutan, lereng gunung, tepi sungai, dan semak belukar di provinsi China tepatnya Guangdong, Guangxi, Guizhou, Hunan, dan Jiangxi. Pada tahun 1986, buah Luo Han Guo sudah banyak diperjualbelikan di daerah Taiwan dan China, terutama di apotek. Pada tahun itu, buah Luo Han Guo dianggap buah manggis yang masuk kedalam famili Clusiaceae. Di daerah Barat, buah Luo Han Guo kering dikonsumsi untuk menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan, melegakan tenggorokan. Luo Han Guo banyak diolah sebagai minuman penghilang dahaga dan mengurangi panas tubuh pada musim panas.

Gambar 1. Buah Luo Han Guo

 

Buah Luo Han Guo selalu dikaitkan dengan kesehatan yang melimpah, dan kegunaannya sebagai makanan oleh masyarakat di Asia. Buah ini sudah ada dan dikonsumsi, serta digunakan sebagai obat tradisional sejak abad ke-13. Di Tiongkok, buah Luo Han Guo telah dijadikan salah satu pengobatan tradisional. Buah ini dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan batuk, asma, bronkitis, faringitis, sembelit, obesitas, dan masih banyak penyakit lainnya. Sebagai pengobatan tradisional, buah Luo Han Guo telah digunakan untuk penawar rasa sakit paru-paru, pelembab untuk pengobatan batuk kering, dan sakit tenggorokan.

Pada saat dikonsumsi, buah Luo Han Guo memiliki rasa yang manis. Dari manakah rasa manis itu? Rasa manis yang dimiliki oleh Luo Han Guo secara primer berasal dari mogrosida, yakni kelompok glikosida terpen yang dapat ditemukan pada daging dari buah tersebut dalam konsentrasi sebesar 1%. Mogrosida utama yang ditemukan pada buah Luo Han Guo meliputi mogrosida IV, mogrosida V, siamenosida I, dan neomogrosida. Namun, lebih dari 30 senyawa kimia serupa dapat diisolasi dari buah Luo Han Guo, dimana senyawa-senyawa tersebut memiliki struktur mogrolaglikon ([10-cucurbit-5-ene-3, 11, 24(R), 25-tetraol]) dengan jumlah unit glukosa terpasang yang bervariasi. Umumnya, kelompok glikosida terpen tersebut memiliki sifat antioksidan, antiglikatif, anti-alergi, hingga anti-karsinogenik, sehingga seringkali dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan pada bidang-bidang tertentu (Gong, et al., 2019).

Selain mengandung komponen terpenoid, buah Luo Han Guo juga secara alami mengandung tujuh jenis flavonoid, yakni kaempferol, kaempferol 7-OL-rhamnopyranosida, kaempferol 3-OL-rhamnopyranosida-7-O-[β-D-glucose-based-(1-2)-α-L-rhamnosida], 3-OL-rhamnopyranosida, dan 3-OD-glucopyranosida, yang dapat diisolasi dari tanaman Luo Han Guo. Komponen kimia lainnya yang dapat ditemukan dalam buah Luo Han Guo adalah magnolol, asam vanilat, asam p-hidroksibenzilat, 1-asetil-β-karbolin, 5,8-epidioxy-24(R)-methylcholesta-6, 22-dien-3β-ol, β-sitosterol, daucosterol, asam suksinat, asam n-heksadekanoat, asam 12-metiltetradekanoat, 5-hidroksimetilfurfural, 5,5′-oxydimetilenebis (2-furfural), 5-(hidroksimetil)-asam furoat, hingga 5-hidroksimaltol (Gong, et al., 2019).

Luo Han Guo adalah pemanis dengan intensitas tinggi. Buah ini merupakan turunan dari tumbuhan China yang bernama Siraitia grosvenorii yang merupakan kelompok dari Cucurbitaceae. Luo Han Guo ini diekstraksi dari tanaman dengan berbagai proses. Pertama, buahnya dipetik terlebih dahulu sebelum matang dan biarkan buahnya matang selama masa penyimpanan. Kedua, proses ekstraksi berlangsung ketika buah tersebut mulai matang. Ketiga, kulit dari buah tersebut dan bijinya dibuang lalu buahnya dihancurkan hingga terbentuk sari sarinya yang akan digunakan untuk proses manufaktur di pabrik. Keempat, proses tambahan yang lainnya dilakukan dengan menggunakan pelarut untuk menghilangkan komponen yang mudah menguap dan yang lainnya.

Gambar 2.  Proses Pengolahan Buah Luo Han Guo Menjadi Produk Komersial

 

Buah Luo Han Guo ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah ini bagi kesehatan adalah: Aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, buah Luo Han Guo mengandung gula alami sehingga tidak menaikkan level gula darah bagi penggunanya. Selain itu, buah Luo Han Guo ini juga dapat membantu penggunanya untuk menurunkan berat badan karena buah Luo Han Guo tidak mengandung karbohidrat, kalori, dan lemak. Yang terakhir, buah ini dapat berguna sebagai anti radang. Menurut penelitian, selain anti radang, buah ini juga berguna untuk membantu mencegah kanker. Buah Luo Han Guo juga dapat dijadikan produk pangan seperti minuman dan jelly. Di daerah asalnya, yaitu Tiongkok, buah ini diolah menjadi sari buah dan minuman segar yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Seperti meredakan radang tenggorokan, menyembuhkan sariawan, panas dalam dan membuat tubuh lebih segar.

Nah, bagaimana caranya menyeduh Luo Han Guo? Buah Luo Han Guo memiliki cangkang yang keras. Buah harus dibilas terlebih dahulu sampai bersih sebelum menekan ke dalam cangkang dengan tangan untuk memecahkannya. Robek isi buah menjadi potongan yang lebih kecil. Kemudian, potongan Luo Han Guo direndam dalam panci yang berisi air mendidih selama 15 menit. Ketika warna air sudah mulai kecoklatan seperti air teh, maka minuman Luo Han Guo siap untuk dihidangkan. Ini merupakan cara terbaik untuk menyeduh minuman Luo Han Guo untuk memastikan nutrisinya dilepaskan dan rasanya berkembang sepenuhnya. Gula biasanya tidak diperlukan karena buah Luo Han Guo sudah manis secara alami. Semakin lama waktu untuk merebus air Luo Han Guo, air yang dihasilkan juga akan semakin manis.

Buah Luo Han Guo memiliki cukup banyak manfaat serta kandungan pemanis pada buah tersebut tidak ditemukan bahaya dan efek samping khusus. Konsumsi buah Luo Han Guo dianggap aman bagi kesehatan. Hal tersebut dikarenakan alergi buah Luo Han Guo jarang terjadi. Akan tetapi, alergi buah Luo Han Guo tetap dapat terjadi terutama terhadap orang – orang yang sebelumnya memiliki reaksi alergi terhadap labu. Buah Luo Han Guo termasuk ke dalam anggota dari Curcurbitaceae atau biasa dikenal sebagai keluarga labu yang meliputi labu, mentimun dan melon. Reaksi alergi yang akan muncul jika memiliki alergi terhadap buah ini diantaranya adalah munculnya ruam, gatal-gatal, sulit bernafas, nadi lemah, pusing, lidah bengkak, sakit perut dan muntah.

Nah, dengan adanya artikel ini, semoga kamu menjadi lebih paham tentang hal-hal yang menarik mengenai buah Luo Han Guo, ya!

 

 

Daftar Pustaka

Donnel, K., & Kearsley, M. (2008). Sweeteners and Sugar Alternatives in Food Technology, 2nd Edition. New York: John Wiley & Sons.

Engels, G., & Brinckmann, J. (2014). Luo Han Guo (Monk Fruit). HerbalGram, 103, 1-5.

Gong, X., et al. (2019). The Fruits of Siraitia grosvenorii: A Review of a Chinese Food Medicine. Frontiers in Pharmacology, 10, 1400.

Hartel, R., Von Elbe, J., & Hofberger, R. (2018). Confectionery Science and Technology. Switzerland: Springer International Publishing.

Merillon, J., & Ramawat, K. (2018). Sweeteners. Switzerland: Springer Nature.

Murti, A., & Team. (2018). Mentality Is Everything: 10 Mental Sehat Pemimpin Tangguh. Yogyakarta: Scritto Books.

Pandey, A. K & Chauhan, O. P. (2019). Monk Fruit (Siraitia grosvenorii) – Health Aspects and Food Applications. Pantnagar Journal of Research, 17(3), 191-198.