Makanan Penutup Unik asal Jepang: Mochi Ice Cream!

Nadine Arisa Maharani / 2101698316

    Sumber: kirbiecravings.com

 

Kue mochi merupakan kue yang berasal dari Jepang yang mungkin sudah dikenal banyak oleh masyarakat Indonesia. Kue ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk menjadi lembut dan lengket lalu dibentuk menjadi bulat. Tetapi dengan berbagai macam inovasi teknologi dalam produk pangan, telah diciptakan-lah makanan penutup yang dikembangkan dari kue mochi, yaitu es krim mochi atau mochi ice cream.

Es krim mochi merupakan manisan yang terbuat dari mochi Jepang dengan isian es krim. Inovasi ini ditemukan oleh pengusaha keturunan Jepang-Amerika dan aktivis Frances Hashimoto. Es krim mochi memiliki ukuran yang kecil dan berbentuk bulat yang terbuat dari ketan lembut yang telah ditumbuk dan mengelilingi isian es krim di dalamnya.

Es krim yang digunakan menambahkan rasa pada makanan penutup ini, sedangkan mochi nya berperan dalam menambahkan rasa manis dan tekstur. Rasa es krim yang biasa digunakan adalah seperti vanilla, cokelat atau stroberi. Rasa-rasa lain yang lebih unik adalah green tea, kacang merah, dll. Saat pembuatan mochi, ditaburkan dengan tepung jagung atau kentang agar tidak lengket saat dibentuk.

 

Sumber:

https://web.archive.org/web/20150610050951/http://www.houseofjapan.com/cuisine/mochi-ice-cream-recipe

https://www.latimes.com/local/obituaries/la-xpm-2012-nov-07-la-me-frances-hashimoto-20121107-story.html