MANFAAT BUAH NANAS “ZAMAN NOW”

Cokro Wijaya
2101642226

Nanas merupakan salah satu buah daerah tropis yang sering di konsumsi oleh orang di daerah Amerika. Di bawa oleh Christopher Columbus dari Eropa pada saat melakukan ekspedisi ke Amerika. Nanas diketahui sebagai buah yang eksotik dengan segala cara penyajian dimulai dari koktail, garnish pada makanan, smoothies, dll.

Tapi lama kelamaan nanas sudah sangat sering dibuat sebagai buah yang membantu masalah pencernaan makanan karena khasiat dan kandungan nutrisinya. Nanas mengandung banyak sekali mengandung vitamin C, walaupun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan buah jeruk atau kiwi. Selain itu juga banyak sekali mengandung vitamin B, serat, beberapa mineral seperti magnesium, mangan, kalium, zat besi dan juga mengandung banyak sekali antioksidan, polifenol, dan yang terpenting adalah beta-carotene.

 Zaman Now  banyak sekali orang yang ingin menurunkan berat badan. Taukah anda bahwa nanas sering dikonsumsi untuk orang orang yang sedang diet? Kandungan serat dalam nanas cukup tinggi, sehingga sangat membantu pencernaan pada tubuh. Selain itu juga membantu konstipasi dan diare. Antioksidan dan polifenol pada buah nanas telah di teliti dapat mengurangi resiko obesitas,diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu juga membantu pertumbuhan rambut, meningkatkan energi untuk beraktivitas. Beta-carotene yang terkandung dalam buah nanas diketahui dapat mengurangi gejala asma. Selain nanas ada beberapa buah lain yang mengandung beta-carotene seperti jeruk, pepaya, wortel, brokoli, dll.

Kandungan mineral kalium dalam nanas dapat mengurangi tekanan darah sehingga membantu meringankan kerja dari jantung, selain itu pisang juga mengandung kandungan kalium yang cukup tinggi. Oleh karena itu banyak atlet yang mengkonsumsi pisang atau nanas sebelum melakukan pertandingan atau berlatih.

Jadi bagi anda yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan dan rutin nge-gym­ boleh dicoba nih mengkonsumsi buah nanas.

sumber :

Al Senaidy, A. M. (2009, September). Serum vitamin A and beta-carotene levels in children with asthma. Journal of Asthma, 46(7), 699-702.

Pineapple, raw, all varieties: Nutrition Facts & Calories. (n.d.). Retrieved         from http://nutritiondata.self.com/facts/fruits-and-fruit-juices/2019/2