PKM HIMDKV 2022

Untuk pertama kalinya, HIMDKV yang sudah berintegrasi melaksanakan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Kegiatan PKM ini dilaksanakan secara online melalui media sosial Instagram mulai dari tanggal 8 hingga 14 Agustus 2022 dengan tema 7 Days of Saving Energy in 2022. PKM ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa BINUS dan akan mendapatkan jam community service. Kegiatan ini dimulai dengan mengisi form pendaftaran, lalu mem-follow instagram @himdkvbinus, @himdkvbinusbandung, dan @himdkvbinusmalang. Peserta juga wajib posting twibbon yang telah disediakan dan posting Instagram Story kegiatan campaign selama 7 hari. Setelah itu, peserta wajib membuat highlight berisi seluruh Instagram Story campaign tersebut hingga tanggal 31 Agustus 2022.

Pada hari pertama, peserta wajib posting video mengenai “Switch off all the lights after use!”. Peserta diharapkan bisa saling mengingatkan mengenai manfaat dan pentingnya menghemat energi listrik. Selanjutnya, hari kedua, video yang harus diposting oleh para peserta adalah “Unplug inactive devices!“. Topik ini untuk mengingatkan dimana semenjak ada wabah Covid-19, penggunaan alat digital semakin meningkat, sehingga pemakaian energi listrik juga akan meningkat drastis. Untuk hari ketiga, peserta wajib posting video mengenai tema “Save water, save world!” yang mengingatkan bahwa air bersih yang dapat dikonsumsi sudah sangat menipis.

Pada hari keempat, para peserta PPKM membuat video bertema “Let The Sun Shine On Your Clothes” dimana peserta diajak untuk mempraktekan menjemur baju secara alami yakni dengan panas dan sinar matahari. Lalu dilanjutkan ke hari kelima dimana para peserta membuat video bertema “Go For A Walk” dimana peserta diajak untuk mempraktekan gaya hidup yang menggunakan minim kendaraan ketika ingin pergi ke suatu tempat yang berjarak dekat. Lalu pada hari keenam dengan tema “Saving Money And Energy At Home” dimana peserta diajak untuk menghemat penggunaan energi di rumah yang sekaligus juga menghemat pengeluaran biaya. Dan pada hari terakhir, di hari ketujuh peserta PPKM membuat video bertema “Let’s Invite People Around You To Save Energy” dimana peserta mengajak audience lainnya untuk bersama-sama mencoba mempraktekan gaya hidup yang minim melibatkan penggunaan energi.

Adapun beberapa benefit yang juga didapatkan mahasiswa dalam berpartisipasi campaign ini. Selain mendapatkan poin jam comserv, para peserta juga mendapatkan banyak ilmu mengenai gaya hidup yang sehat dan juga minim akan penggunaan energi. Selain itu, mahasiswa peserta PPKM ini juga bisa mengundang orang lain untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti yang para peserta sudah terapkan di dalam video-video campaign mereka selama 7 hari tersebut.