Pelantikan Ketua Organisasi Kemahasiswaan Periode 2021-2022

                                 Pelantikan Ketua Organisasi Kemahasiswaan Periode 2021-2022

  Pada hari Senin tanggal 5 April 2021 Binus University Telah melangsungkan kegiatan rutinitas setiap tahun yaitu pelantikan ketua organisasi masing-masing organisasi yang ada di Binus University secara serentak. Acara pelantikan ini di siarkan di GOR Binus Alam Sutera, pelantikan ini di hadiri oleh Binusian Leader dan 104 organisasi kemahasiswaan dari Binus Greater Nusantara (gabungan antara Binus Jakarta, Bekasi dan Alam Sutera) Bandung, dan malang.

 Pandemic Covid-19 yang belum kunjung berakhir membuat kegiatan ini terpaksa dilaksanakan secara online. Namun, dalam acara tersebut terdapat 15 perwakilan organisasi kemahasiswaan yang menjadi perwakilan pelantikan secara langsung sebagai simbolis, sisanya di ikuti secara online.

 Acara ini dibawakan oleh 2 orang MC yaitu Denaneer dan Nadia dari BVoice Binus Kemanggisan, dan acara ini dibuka dengan penampilan modern dance yang ditampilkan oleh UKM Bina Nusantara Dance Club Bandung. Lalu acara dilanjut dengan do’a, setelah do’a dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan juga Hymne Bina Nusantara, kemudian dilanjut dengan pemutaran video kaleidoskop organisasi kemahasiswaan periode 2020-2021. Dalam video tersebut, para audience ditunjukan berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh masa kepengurusan tahun lalu.

 Selanjutnya acara ini di lanjut dengan kata-kata sambutan yang disampaikan oleh Vice Rector- Student Affair Community Development yaitu pak Johan, S., M.M.

 “Untuk seluruh ketua organisasi periode 2021-2022, hari ini kalian akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan yang diberikan oleh teman-teman ketua organisasi  2021-2022, saya berharap bahwa semangat itu selalu kalian bawa bahkan saya harap kalian bisa lebih semangat lagi.”  Ujar Pak Johan ketika menyampaikan sambutan.

Kemudian pak Johan memberikat pesan untuk para calon ketua organisasi periode 2021-2022

 “Pesan dari saya hari ini ada 3, yang pertama kalian harus berani maju, yang ke 2 kalian harus berani berubah dan yang ke 3 harus berani berinofasi, jika ke 3 hal tersebut kalian pegang,maka organisasi kita pasti bisa mencetak banyak prestasi dan lebih maju lagi.”

 Setelah sambutan selesai disampaikan, acara dilanjut dengan Video performance dari SCAC menyanyikan lagu Sheila On 7 Sahabat Sejati.

 Sebelum ke acara inti yaitu pelantikan, audience di tampilkan dengan video infografis mengenai organisasi kemahasiswaan periode 2020-2021. Dalam video itu berisi tentang jumlah ketua Organisasi yang ada dari masing-masing daerah,dimulai dari Binus Greater Nusantara yaitu berjumlah 72 orang ketua, yang kedua dari Binus Bandung yang berjumlah 18 orang ketua, dan yang terakhir yaitu dari Binus Malang yang berjumlah 14 orang ketua, dan dalam video tersebut ditampilkan secara detail jumlah dari masing-masing jumlah ketua dalam HMJ & UKM tersebut, serta video perjalanan ketua organisasi periode 2020-2021.

 Dan acara pun dilanjut dengan pembacaan surat keputusan yang dibacakan oleh MC yaitu nadia, surat keputusan itu berisikan tentang pengangkatan ketua organisasi kemahasiswaan periode februari 2021-2022. Rector Bina Nusantara Prof.Ir. Harjanto Prabowo.M.M

 Lalu dilanjut dengan menampilkan video 104 ketua organisasi kemahasiswaan periode  2021-2022 yang terpilih.

 Acara yang telah kita tunggu-tunggu pun akhirnya tiba juga, yaitu prosesi pelantikan ketua organisasi Binus University  periode 2021-2022. Masing-masing dari ke 15 perwakilan ketua organisasi mengambil sebuah pin dari pembawa baki, kemudian mereka pun berbaris ditengah podium. Prosesi pelantikan ini dilaksanakan secara simbolis yaitu pemasangan pin oleh ketua organisasi yang berada ditempat prosesi pelantikan maupun yang ada di zoom. Prosesi pelantikan ini pun dilantik langsung oleh Rektor Binus Univerity yaitu Prof.Ir Harjanto Prabowo.M.M.

 “Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan yang maha esa dan do’a yang tulus untuk mengiringi perjalanan para ketua organisasi kemahasiswaan periode 2021-2022. Maka dengan ini saya melantik anda semua yaitu 104 organisasi kemahasiswaan Binus University, dan yang diwakili langsung di kampus ini,dengan ini saya melantik saudara semua. Silahkan untuk memasang pinnya,baik terima kasih.” Demikian yang disampaikan pak Harjanto Prabowo ketika melantik ketua organisasi kemahasiswaan periode Februari 2021/2022.

  Selanjutnya adalah pembacaan janji ketua Kemahasiswaan yang dipimpin oleh saudari Anisa Fitri attaya dari UKM BVoice Radio yang berbunyi

  “Janji ketua organisasi kemahasiswaan,kami ketua organisasi kemahasiswaan Binus University berjanji (1.) Senantiasa menjunjung tinggi nama baik Binus University didalam setiap kegiatan yang dilakukan. (2.) Menaati seluruh peraturan yang berlaku di Binus University. (3.) Berkomitmen melaksanakan tugas sebagai ketua dengan penuh dedikasi dan tanggungjawab hingga akhir periode kepengurusan. (4.) Berkomitmen mewujudkan tata Kelola organisasi yang baik. (5.) Menjaga diri, organisasi, dan seluruh anggota didalamnya dari penggunaan narkoba dan zat-zat terlarang lainnya.” Itulah isi dari janji ketua organisasi kemahasiswaan,lalu dilanjut dengan foto bersama.

  Setelah pembacaan janji ketua orgnanisasi kemahasiswaan, pak Rektor yaitu Prof.Ir Harjanto Prabowo.M.M. memberikan arahan kepada ketua organisasi yang telah dilantik yaitu

 “Saya pun ingin menyampaikan point-point penting untuk kalian, yang pertama  yaitu Bersiaplah ketika binus akan mengundang mahasiswa kembali ke kampus, tentu dengan pendekatan protokol kesehatan, organisasi kemahasiswaan saya harapkan dengan kembalinya mahasiswa ke kampus sudah betul-betul menjadi bagian dari Binus University untuk ikut mensosialisasi, menjelaskan apa saja yang perlu di perlukan. Binus bisa dikatakan selalu bersiap diri, kampus kita ini dimanapun berada terus menyiapkan diri, agar saatnya mahasiswa kembali ke kampus, tentu harapannya ini bisa disambut dengan baik, karena yang rindu kampus bukan hanya mahasiswa ya, kami para leader binus pun rindu. Tentunya kitapun harus mengikuti arahan pemerintah.

  Yang kedua adalah, kalian yang dilantik, sudah dalam posisi visi binus 2035 yaitu Word Class University Fostering and Empowering in Society in Building and Serving the Nation. Perjalan kita menuju perguruan tinggi terus berkelas dunia itu sekaligus bagaimana kita menunjukan peran kita semua untuk memberdayakan masyarakat. Organisasi kemahasiswaan dibinus tentunya harus menyelaraskan visi ini yaitu visinya Binus University.”

 Dalam penyampaian arahan tersebut, pak Rektor juga sempat menyampaikan beberapa pesan diantaranya sebagai berikut

 “Pesan yang ingin saya sampaikan yaitu belajar dari 1 tahun pandemi ini maka walaupun organisasi kita ada 104,masing-masing kita punya cirikhas tersendiri, anda semua diperlukan secara besar untuk masyarakat indonesia tapi secara khusus untuk komunitas binus.

 Saya pun menginformasikan ke anda semua,bahwa Binus University sekarang terus menyiapkan dan sudah memulai vaksinasi untuk tenaga akademic, tenaga dosen dan lain-lain dengan semua dukungan pemerintah,dan semoga kita bisa menjadi central untuk bisa lebih mendukung vaksinasi.

  Saya tunggu dukungan apa yang masih diperlukan, tentu binus akan memenuhinya dan saya pun menunggu kiprah anda semua para ketua organisasi kemahasiswaan, apa yang anda lakukan dan apa yang anda perbuat, termasuk prestasi-prestasi anda.”

  Setelah memberi arahan dan juga pesan kepada ketua organisasi, para Campus Director Binus University pun kemudian mengucapkan selamat kepada seluruh ketua organisasi yang terpilih.

  Dan acara inipun di akhiri dengan performance dari UKM Band ( manusia kuat – tulus ) dan dance performance dari UKM Stamanara.