What’s In: Comifuro

Suasana Event Comic Frontier X

 

Halo semuanya, kali ini kami berkesempatan untuk meliput suasana event Comic Frontier yang ke-10 atau yang dipanggil Comifuro X yang diadakan pada tanggal 3-4 Maret 2018 di Kartika Expo Balai Kartini. Pasti penasaran, kan apa saja yang ada di event Comifuro X ini? Yuk simak artikelnya. Event ini berfokus pada penjualan karya doujin maupun berbagai merchandise lainnya dari berbagai kreator individual maupun kelompok yang ingin menyalurkan bakat dan minat mereka serta menjadi ajang untuk bertemu para kreator lainnya.

Masing-masing kreator memasang booth-booth untuk menjual karya-karya mereka. Event ini juga didatangi dari berbagai cosplayer dari karakter-karakter terkenal. Tidak hanya itu, ada banyak sekali pengunjung yang datang pada event ini. Mereka yang datang adalah pengunjung yang memiliki minat pada komik atau game dalam berbagai genre. Selain itu, terdapat seminar terbuka yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan web-comic seperti Ciayo Comics dan Comico. Re:On juga berpartisipasi dalam event ini. Mereka mengadakan review komik bagi mereka yang mau komiknya direview oleh para komikus-komikus untuk mengetahui semana kelebihan dan kekurangan komik mereka. Setelah seminar, para pengunjung disuguhi dengan penampilan-penampilan dance cover dari para cosplayer terkenal. Kami berhasil mewawancarai salah satu kreator yang mengadakan booth di event tersebut. Namanya adalah Jessica Belle,  salah satu penjaga booth sekaligus kreator di booth Ikuzo yang merupakan tempat kursus menggambar . Berikut adalah wawancaranya,

Pewawancara: Apa pendapat anda mengenai event ini?
Kreator: Menarik, sih. Karena sudah makin banyak kreator yang menunjukkan bakatnya disini dan bisa melihat harga pasar dan kreatifitas masyarakat sekarang.
Pewawancara: Kalau dibandingkan dengan yang lalu, mana yang lebih ramai?
Kreator : Kalau ramai, sih sama aja. Hanya saja kalau barang-barang lebih bervariasi dari sebelumnya.
Pewawancara: Kenapa tertarik hadir disini?
Kreator: Yah, selain karena hobi, saya juga senang melihat bentuk-bentuk kreatifitas yang bisa digunakan untuk jual-beli yang mungkin suatu hari nanti bisa mendukung Indonesia.
Pewawancara : Apa saja yang dilakukan di event ini?
Kreator: Berjualan, menyalurkan hobi, dan terkadang membeli merchandise dari kreator lainnya.
Pewawancara: Oke. Terima kasih atas kesediaan waktunya untuk kami wawancarai.
Kreator: Sama-sama.

Demikian liputan kami di event Comifuro X ini. Semoga event ini dapat menjadi ajang para kreator Indonesia untuk menyalurkan apa yang mereka punyai.

Muhammad Fhadlan