Pixabay, Tempat Cari Foto Bebas Pakai untuk Desain Kamu!

Ya, kamu memang tidak salah baca nih, Pixabay adalah website di mana kamu bisa mencari ratusan ribu foto yang bebas digunakan untuk berbagai proyek desain kamu. Menariknya, seluruh seluruh foto yang ada di dalamnya menggunakan lisensi khusus  Pixabay yang membolehkan pengguna untuk mengunduh dan menggunakannya bahkan untuk proyek komersial sekali pun. Jadi, buat kita-kita mahasiswa desain yang terbilang belum mampu bayar foto stok berbayar, bisa menggunakan Pixabay sebagai alternatif.

Tidak hanya itu, kamu pun bisa ikut berkontribusi di Pixabay untuk menyumbang foto maupun grafis lainnya agar bisa juga digunakan oleh orang lain. Komunitas Pixabay ini sudah berdiri sejak 2012 yang awalnya hanya berisi koleksi foto pribadi, kemudian menjadi komunitas online yang saling berbagi foto. Namun, tidak sembarang foto dan grafis bisa masuk, Pixabay memiliki panduan dan standar khusus agar kualitas koleksi didalamnya tetap terjaga.

Lalu bagaimana cara untuk menggunakannya? Mudah sekali. Kamu cukup buka pixabay.com dan melakukan registrasi akun secara gratis. Setelah memiliki akun, kamu bisa mengunduh berbagai koleksinya dengan mudah. Tinggal cari kata kunci yang dituju, pilih foto yang diinginkan, pilih kualitas foto yang dibutuhkan, lalu unduh deh!

 

TIPS

Pixabay bisa tetap hidup karena iklan yang ia tampilkan yang diawali label “Sponsored Images”. Foto-foto tersebut bukanlah berasal dari Pixabay, jadi jangan memilih foto tersebut (lihat foto dengan background kuning pada screenshot di atas). Jika ingin mengunduh foto gratis dari Pixabay. Pilihlah foto-foto yang berada di bawahnya, yang bukan merupakan iklan untuk mengunduh foto gratis bebas guna dari Pixabay.

Kini, Pixabay telah memiliki koleksi lebih dari satu juta foto dan grafis. Jumlah ini tentu tercapai karena banyaknya partisipasi dari komunitas online Pixabay yang berasal dari seluruh dunia. Jadi tunggu apa lagi?, langsung saja kunjungi websitenya dan mari berpartisipasi juga agar Pixabay bisa tetap hidup!

Source : https://en.wikipedia.org/wiki/Pixabay dan https://pixabay.com/en