Seminar Nasional HIMDI X IDFEST 2022 “Unique and Wonderful in Hospitality Design” – Jakarta, 5 November 2022

Oleh:

Ragnall Mayer (2540129224) dan Stefiana Merilyn (2540130996)

Seminar Nasional HIMDI x IDFEST 2022 adalah salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Desain Interior (HIMDI) Universitas Bina Nusantara yang dilaksanakan dua kali dalam satu tahun.

Salah satunya adalah Seminar Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 5 November 2022. Seminar Nasional kali ini diadakan secara online via zoom, dengan tema “Unique and Wonderful in Hospitality Design”. Para panitia yang bertugas berkumpul di zoom sejak pukul 08.30 WIB untuk diberikan briefing dan persiapan terakhir sebelum seminar dimulai, yaitu pada pukul 10.00 WIB.

Gambar 1. MC Seminar Nasional HIMDI Kelly Ivani Hartono

Seminar Nasional kali ini dipandu oleh Kelly Ivani Hartono sebagai MC. 

Gambar 2. Kata Sambutan Kepala Program Studi Desain Interior Jakarta Ibu Wulan

Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Ibu Anak Agung Ayu Wulandari, S.Sn., M.A. selaku Kepala Program Studi Desain Interior.

Gambar 3. Kata Sambutan Ketua IDFEST 2022 Cylia Larenggam

Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Cylia Larenggam selaku ketua IDFEST 2022.

Gambar 4. Kata Sambutan Ketua Seminar IDFEST 2022 Vania Elvaretta

Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Vania Elvaretta, selaku Ketua Seminar IDFEST 2022.

Gambar 5. Moderator Seminar Nasional HIMDI Naufal Bominian Rosendriya

Kemudian kata sambutan diakhiri oleh penyambutan Naufal Bominian Rosendriya sebagai moderator.

Gambar 6. Pembicara Seminar Nasional HIMDI Joel Constantin

Selanjutnya moderator memperkenalkan pembicara pertama pada seminar kali ini, yaitu Kak Joel Constantin selaku Interior Designer di Hadiprana Design.

Kak Joel Constantin selaku pemberi materi, menjelaskan mengenai apa itu hospitality design serta topik mengenai fakta dan realita hospitality design.

Gambar 7. Sesi materi hospitality design

Kemudian, Kak Joel Constantin juga menjelaskan bagaimana proses design berjalan mulai dari studi konsep, pengembangan design & dokumentasi, dan akhirnya konstruksi dilakukan.

Gambar 8. Sesi QnA

Setelah selesai penyampaian materi oleh Kak Joel Constantin, seminar dilanjutkan dengan sesi QnA.

Gambar 9. Sesi dokumentasi

Setelah sesi QnA selesai, sesi pertama ditutup dengan sesi dokumentasi bersama Kak Joel Constantin. Kemudian pemberian ucapan terima kasih oleh moderator kepada pembicara pertama.

Gambar 10. Pembicara Seminar Nasional HIMDI Evita Sutejo

Selanjutnya, moderator memperkenalkan pembicara kedua pada seminar kali ini, yaitu Kak Evita Sutejo selaku Account Manager di Shaw Contract.

Kak Evita Sutejo selaku pemberi materi, menjelaskan mengenai carpet tiles dan LVT dalam projek-projek hospitality.

Gambar 11. Sesi materi Shaw Contract

Kemudian, Kak Evita Sutejo juga menjelaskan apa saja keunggulan dari carpet tiles dan LVT sehingga cocok digunakan dalam projek-projek hospitality.

Gambar 12. Sesi QnA

Setelah selesai penyampaian materi oleh Kak Evita Sutejo, seminar dilanjutkan dengan sesi QnA.

Setelah sesi QnA selesai, sesi kedua ditutup dengan sesi dokumentasi bersama Kak Evita Sutejo. Kemudian pemberian ucapan terima kasih oleh moderator kepada pembicara kedua.

Gambar 13. Sesi pembacaan peserta pemenang QnA

Setelah selesai penyampaian materi oleh kedua pembicara, seminar dilanjutkan dengan acara informal yang dipandu oleh MC untuk mengumumkan peserta yang menjadi pemenang dengan pertanyaan terbaik yang telah ditanyakan kepada pemateri. Berikut beberapa pertanyaan terbaik yang telah ditanyakan kepada pemateri:

1.From Felix Franklin Zebua_2440058681 to Everyone 11:07 AM

halo, saya Felix Franklin B24. Ketika diberikan design guidelines di dunia pekerjaan, apakah kita harus mengikuti hal tersebut sepenuhnya? Atau kita sebagai desainer dapat memberi masukan ataupun improvisasi yang ada muncul dari sisi pengamatan desainer? Terimakasih.

2.From Bestoto Ferninand_2602101426 to Everyone 12:00 PM

Halo kak, saya mau tanya. Biasa dalam membikin layout untuk hotel atau kantor, ada tidak thought process seperti “Bagian di sini lebih baik di kasih carpet tile, tetapi carpet tile yang kita dapat tidak bagus dari segi estetikanya”?

3.From mohamad naheedl ali alfatah_2602182562 to Everyone 11:10 AM

Permisi ka, aku mau nanya. Banyak hotel yang mementingkan dan meningkatkan design estetika guna mempercantik rupa. Kegunaan juga tidak kalah penting dari design yang estetik. Pertanyaannya, hotel lebih membutuhkan salah satunya? Atau keduanya tetapi ada ketentuan standar kegunaan. (Jadi tidak boleh terlalu estetik2 banget kalau sepertinya tidak terlalu penting kegunaanya).

Gambar 14. Foto bersama peserta pemenang QnA

Acara ditutup dengan sesi dokumentasi bersama para peserta yang menjadi pemenang dengan pertanyaan terbaik, kemudian pemberian ucapan terima kasih oleh MC kepada para peserta yang telah menjadi pemenang.