Compact Living The Creative Use of Space

Oleh:

Oleh Jo Keisha Audrey Pizzonya (2540096421)

Acara seminar dibuka dengan berbagai sambutan dari Wakil Kepala Jurusan Desain Interior Binus, yaitu Ibu Dila Hendrassukma. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Umum HIMDI Binus, yaitu Devany Liora Djunaedi dan yang terakhir oleh Ketua Seminar kami kali ini, yaitu Vania Elvaretta. Pada kesempatan kali ini, seminar akan dibawakan oleh 2 pembicara yaitu, Pak Budi Setiawan selaku Desainer Interior dan juga Dosen di Interior Desain Binus. Serta ada Kak Josephine Glenis selaku Founder/Principle Bikin Betah dan juga alumni dari Interior Desain Binus.

Gambar 1. Kata sambutan dari Wakil Kepala Jurusan Desain Interior Binus oleh Ibu Dila Hendrassukma

Gambar 3. Kata sambutan dari Ketua Umum HIMDI Binus oleh Devany Liora Djunaedi

Gambar 4. Kata sambutan dari Ketua Seminar 2022 oleh Vania Elvaretta

Gambar 5. Pembawaan materi oleh Bapak Budi Setiawan

Dalam seminar kali ini, mahasiswa binus maupun luar binus berkesempatan mendapatkan ilmu/pengetahuan mengenai pengolahan space yang minim menjadi bermanfaat dengan fungsi yang maksimal. Seminar dimulai dari sisi akademis yang dibawakan oleh Pak Budi Setiawan. Pak Budi menjelaskan mengenai arti dari compact living itu sendiri. Beliau juga menjelaskan alasan mengapa pada zaman sekarang compact living banyak digunakan dalam interior. Kemudian beliau juga membahas mengenai perhitungan apa saja yang harus dipertimbangkan dalam housing dan mengapa harganya semakin naik. Selain itu, beliau juga membahas mengenai perbedaan dan perbandingan yang ada pada traditional studio dan compact studio.

Gambar 6. Pembawaan materi oleh Bapak Budi Setiawan

Pembahasan seminar kami dilanjutkan oleh pembicara kedua kami, yaitu Kak Josephine Glenis. Kak Josephine Glenis membuka topic dengan menceritakan perjalanan pengalamannya sebagai seorang Desainer Interior. Kak Josephine Glenis menjelaskan mengenai “Bagaimana cara memulai untuk memberikan solusi-solusi, dimana pada sesi kali ini, Kak Josephine Glenis menjelaskan sekaligus berbagi pengalamannya dalam mengerjakan sebuah projek dengan menerapkan konsep dari compact living. Dimana beliau bercerita mengenai pengalamannya merenovasi rumah milik kliennya dengan menerapkan konsep compact living dengan membuat desain furniture yang dimaksimalkan fungsinya agar dapat membantu permasalahan klien terhadap padatnya barang yang ada di rumah dan juga ketidakefisienan dalam melakukan sesuatu. Selain itu, beliau juga memberikan solusi bagi para binusian, maupun non-binusian yang hadir pada seminar kali ini mengenai langkah apa saja yang harus dilakukan untuk membuat compact living.

Gambar 7. Pembawaan materi oleh Kak Josephine Glenis

Kemudian rangkaian acara seminar selanjutnya adalah sesi tanya jawab kepada para pembicara yang hadir.

Gambar 8. Sesi QnA

Kemudian, dilanjutkan oleh sesi dokumentasi bersama pembicara, panitia, MC, moderator, dan tentunya para peserta yang hadir.

Gambar 9. Dokumentasi dengan pembicara dan para peserta

Sebelum mengakhiri acara seminar kami kali ini, kami juga kedatangan Kak Hamzah, selaku perwakilan dari pihak sponsor acara kami, yaitu Thudio. Pada kesempatan kali ini beliau menjelaskan cara kerja Thudio (plug in sketchup) dan kelebihan-kelebihan yang ada pada Thudio. Terakhir, acara ditutup oleh pengumuman pemenang bagi para mahasiswa yang telah menanyakan pertanyaan terbaik. 3 pemenang yang telah diumumkan berhak membawa pulang berbagai hadiah yang telah disiapkan oleh para panitia dan juga dari sponsor.

Gambar 10. Sharing Thudio