Mengenal Kesederhanaan dan Sentimen melalui Gaya Minimalis dan Maksimalis

Oleh:

Anisya Ayu Larasati (2502012451), Arriel Nicholas (2502019880), Pricilia Williani (2440032184), Jesslyn Edlyn (25040118990)Gambar 1. Gaya minimalis dan maksimalis

LATAR BELAKANG
Pada zaman seperti sekarang ini, kita memiliki lebih banyak kebebasan untuk berekspresi, baik dari cara berpakaian, cara bersikap, dan keputusan-keputusann yang kita buat, termasuk desain rumah. Desain rumah adalah suatu hal yang personal karena rumah akan menjadi tempat Anda beristirahat, tempat tujuan orang terkasih dan anak-anak Anda, serta tempat membuat memori yang tidak terlupakan.Untuk memiliki rumah yang ideal, kita harus mengenal diri Anda sendiri terlebih dahulu. Bagaimana Anda menghias dan mengatur rumah merupakan salah satu cara untuk menunjukkan kepribadian Anda. Meskipun terlihat bagus, memiliki rumah yang terlihat persis seperti di majalah memang tidak realistis; rumah tidak akan terasa fungsional dan praktis. Dengan memahami selera diri sendiri terlebih dahulu dan menghubungkannya dengan kepribadian serta cara Anda menemukan kenyamanan di dalam rumah, Anda bisa menciptakan lingkungan yang damai. Selain itu, dengan memahami diri sendiri, Anda bisa memahami kebutuhan orang lain dan menemukan keseimbangan di dalamnya. Jadi, baik tinggal sendiri, dengan pasangan, anak-anak, atau keluarga besar, faktor tersebut akan memengaruhi desain interior dan eksterior rumah Anda. Jika Anda melihat diri sendiri, apakah Anda adalah seorang minimalis atau maksimalis? Atau Anda masih belum yakin konsep desain seperti apa yang cocok untuk rumah Anda? Tidak perlu khawatir lagi. Karena kita akan memberikan Anda pemahaman konsep yang membuat anda yakin dalam menentukan konsep Minimalis atau Maksimalis. Bacalah terus artikel ini untuk menyelami perbedaan antara konsep minimalis dan maksimalis.

MINIMALIS VS MAKSIMALIS: KONSEP & NILAI YANG DITUNJUKKAN
Konsep Minimalis ditandai dengan kejelasan, tujuan, dan intensi. Pada intinya, konsep minimalis menonjolkan intensi benda-benda yang paling kita hargai, dan meliminasi hal-hal yang menghalangi kita. Minimalisme adalah konsep kehidupan yang mengedepankan intensi. Jika Anda adalah seorang minimalis, hal utama yang akan Anda perhatikan dalam sebuah ruangann adalah kesederhanaan dan fungsionalitasnya. Konsep minimalis ini mengedepankan dekorasi yang esensial dalam sebuah ruangan. Jika ruangan tersebut sudah memiliki furniture dan dekorasi yang dibutuhkan maka bagi Anda itu cukup dan Anda tidak akan tertarik untuk menghias atau mendekor ruangan tersebut lagi dan membuat ruangan tersebut terasa penuh. Anda hanya membutuhkan kenyamanan dan pencahayaan yang baik. Sofa yang digunakan biasanya bukan sofa dengan desain yang rumit. Anda lebih menyukai sofa yang nyaman dan luas untuk menonton TV atau berkumpul dengan keluarga. Anda tidak begitu tertarik untuk menunjukkan koleksi Anda atau suvenir dari negara-negara yang Anda kunjungi. Anda lebih ingin menunjukkan kekuatan desain dari furniture esensial yang Anda miliki. Untuk konsep Maksimalis, Kelly Wearstler pernah berkata “Ada kebahagiaan ketika kita mendesain ruangan tanpa batasan apa pun, bahkan ‘berlebihan’ sangat disarankan pada gaya ini dan dua objek yang sangat kontras dipasangkan dalam satu ruangan memberikan harmoni yang indah dan tidak terduga.” Jika Anda seorang maksimalis, rumah Anda akan dipenuhi dengan warna-warna cerah dan pola-pola yang berani. Anda pun akan memilih banyak sofa dan karpet dengan desain yang berbeda. Setiap meja akan dipenuhi dengan koleksi-koleksi berharga atau dekorasi unik. Penggunaan hidden storage bukanlah gaya Anda karena Anda ingin menghias setiap sudut dan permukaan rumah dengan benda-benda sentimental. Desain maksimalis mengedepankan warna-warna berani, berbagai pola, dan kreativitas. Detail detailnya akan mengisi ruangan dengan hal-hal yang Anda minati dan banggakan. Jadi, rumah maksimalis akan terisi penuh dengan kehidupan dan sejarah Anda; semua hal yang ada di dalam rumah akan memberikan cerita yang berbeda. Yang perlu Anda ingat adalah: desain maksimalis tidak memiliki aturan. Anggap saja rumah Anda akan tampak kacau tapi teratur dalam waktu yang bersamaan. Dengan desain maksimalis, Anda bisa benar-benar mencurahkan kepribadian Anda karena gaya ini cenderung lebih dinamis dan fleksibel.

MINIMALIS VS MAKSIMALIS: PEMILIHAN WARNA
Hunian minimalis erat kaitannya dengan warna-warna netral seperti putih, hitam, abu, dan lainnya. Tak hanya itu, biasanya yang digunakan hanyalah satu warna seperti putih, sehingga ruangan terkesan polos dan sederhana. Meski tak jarang, penghuni memadukan kombinasi warna cat rumah minimalis agar ruangan terlihat lebih ceria.Untuk hunian maksimalis, warna-warna yang digunakan biasanya merupakan warna terang.Bukan warna-warna pastel atau gradasi turunan dari warna dasar. Bahkan, bisa jadi Anda akan melihat pola-pola atau motif yang berani di dinding. Jangan khawatir, meski tampak kacau dan penuh, jika diperhatikan lebih detail kamu akan menemukan kohesi di dalam ruangan. Sebab, dasar utamanya adalah kepribadian penghuni, sehingga tentu akan tetap ada benang merah yang menyambungkan keseluruhan desain.

MINIMALIS VS MAKSIMALIS: APA KEUNTUNGANNYA?
Gaya minimalis memiliki arti “less is more”. Ada sesuatu yang membuat ruangan minimalis ini sederhana namun tetap cantik dan nyaman dilihat. Ruang gerak yang diciptakan oleh gaya minimalis ini membuat Anda terbebas dari pikiran Anda dan membuat Anda lebih tenang. Karena tidak terlalu banyak objek dalam ruangan minimalis ini, mata Anda akan bisa beristirahat lebih baik. Di dalam ruangan minimalis, Anda bisa lebih memerhatikan suatu objek tertentu; bentuk, garis, tekstur, dan warna objek tersebut akan lebih mudah terserap.Kesederhanaan yang difokuskan oleh gaya minimalis akan membuat kita lebih fokus, damai, dan tenang. Walaupun ruangann bergaya minimalis ini memiliki warna yang terkesan monoton, Anda masih bisa memberikan sentuhan warna lain tanpa menghilangkan konsep dari minimalis itu sendiri. Gaya maksimalis ini memiliki arti “more is more”. Dalam ruangan yang bergaya maksimalis ini Anda bisa mendekor ruangan tersebut dengan benda-benda yang anda cintai dan benda yang penuh kenangan. Anda tidak perlu kebingungan memilih satu benda saja, karena dengan maksimalis ini anda bisa menaruh karpet polos dan karpet bermotif yang berbeda-beda secara bersamaan. Anda juga bisa menaruh foto-foto berharga, souvenir, atau barang apa saja yang anda ingin pajang. Dengan mengedepankan nilai sentimental suatu benda, maka rumah Anda akan terasa lebih hangat dan nyaman. Semua benda yang ada dirumah akan mengingatkan Anda tentang memori yang ada di benda tersebut. Tapi Anda harus pikirkan baik-baik apakah benda tersebut memiliki nilai sentimental tertentu atau tidak. Konsep “more is more” bukan berarti menurunkan standar Anda untuk memilih sesuatu yang berkualitas.

Referensi :
Minimalis
Desain Minimalis: Sejarah Singkat, Ciri Khusus, dan Tip Praktis
https://www.archify.com/id/archifynow/minimalis-vs-sederhana-penerapannyadalam-desain-hunian
Interior Rumah Maksimalis, Tren Desain Interior yang Terlihat Sangat Bertenaga
https://idea.grid.id/read/092946074/mengenal-gaya-maksimalis-dan-tipspenerapannya-pada-4-ruang-ini?page=all https://www.99.co/blog/indonesia/perbedaan-desain-minimalis-dan-maksimalis/