“SUSTAINABLE FURNITURE ITU KEREN DAN HEMAT”

    Sustainable material bukanlah hal baru dalam dunia Interior, mengingat semakin terancamnya bumi karena efek rumah kaca dan pemanasan global yang sering terjadi. Salah satu cara untuk mengatasi efek rumah dan pemanasan global adalah menggunakan sustainable material pada pembuatan furniture dan interior. Pada kenyatannya material sustainable masih kurang menarik perhatian masyarakat karena harga yang mahal, kualitas kurang , keamanan, dan daya tahan produk kurang baik. Padahal material sustainable ini dirasa efektif untuk mengatasi berbagai masalah dan lebih minim biaya pada pembuatannya. Furniture berbahan linen, anyaman, atau barang recycle akan semakin banyak dicari. Tak hanya ramah lingkungan , bahan bahan tersebut akan menambah kehangatan pada rumah serta memberikan kesan artistik. 

Inilah beberapa inspirasi furniture dengan bahan dasar  sustainable

  • Furniture berbahan Drum bekas
Source: https://www.exteria.co.uk/product/drum-bistro-set/

Drum bekas yang sudah tidak terpakai bisa digunakan menjadi berbagai macam hal. Salah satunya didaur ulang menjadi meja dan kursi seperti pada gambar,dengan memotong beberapa bagian dari tong tersebut dan ditambahkan busa sofa sebagai tempat dudukannya.

  • Furniture berbahan Pallet kayu
Source: https://www.99.co/blog/indonesia/cari-tempat-tidur-murah-dan-minimalis-kayu-palet-alternatifnya/

Kayu pallet dapat dikonfigurasikan menjadi beberapa bentuk salah satunya alas tempat tidur murah, kayu pallet ini mudah didapatkan dan banyak tersedia. Dengan budget minim kayu pallet bisa membuat tampilan kamar anda menjadi lebih rustic atau Scandinavian. Walaupun harga nya sangat murah tetapi kayu pallet ini dapat menampung beban yang cukup berat sehingga aman untuk digunakan sebagai alas Kasur.

  • FURNITURE BERBAHAN ROTAN

    Source: https://www.dekoruma.com/artikel/76173/kelebihan-dan-desain-kursi-rotan

Salah satu material sustainable yang bagus dan dirasa menambah estetika ruangan yaitu rotan, rotan merupakan pilihan yang ramah lingkungan karena memanen rotan tidak membuat hutan rusak. Rotan tumbuh meramat diantara pepohonan, selain itu rotan merupakan tanaman tropis yang cepat tumbuh dihabitatnya sehingga produksi rotan di hutan Indonesia cukup tinggi. Dari desain kursi diatas dapat disimpulkan juga bahwa rotan selain tanaman yang ramah lingkungan, rotan jg bisa menambah estetika pada ruangan. 

 

REFERENCE:
https://www.sustainable-furniture.co.uk/
https://furnizing.com/article/dekoratif-multifungsi-dan-sustainable-tren-furnitur-di-new-normal-2
https://www.archify.com/id/archifynow/6-tips-memilih-furnitur-eco-friendly
https://abbasource.com/index.php/id/2021/05/18/mengenal-rotan-bahan-furnitur-ramah-lingkungan/



Fairuz