Webinar HIMDI #2 2021 How to Attract Customers Attention in Retail Space & Launching Microsite Project Exhibition
Seminar merupakan salah satu program kerja milik Himpunan Mahasiswa Desain Interior (HIMDI) BINUS University yang dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun. Acara seminar yang kedua dilaksanakan pada Sabtu, 23 Oktober 2021, kami mengangkat tema “How to Attract Customers Attention in Retail Space”. Kami memilih tema ini dengan harapan agar peserta webinar dapat mendapatkan wawasan lebih mengenai cara mendesain toko supaya terlihat lebih menarik dengan memperhatikan berbagai elemen penting. Tidak hanya itu, acara webinar HIMDI yang kedua ini juga berkolaborasi dengan pameran karya mahasiswa tingkat akhir desain interior Binus University. Pameran ini sendiri bertujuan untuk memberikan sharing terkait tugas akhir mahasiswa desain interior Binus University kepada para peserta webinar HIMDI.
Masih dalam kondisi pandemi yang sama, seminar kedua dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2021 melalui Zoom Meetings. Acara seminar kedua dimulai pukul 14.00 WIB dengan pembukaan oleh MC yaitu Michelle Chen kemudian disusul dengan pemberian kata sambutan oleh ketua HIMDI 2020 yaitu Stevian Khansa dan ketua program kerja Seminar yaitu Cindy Felicia Herson.
Seminar kedua diawali dengan pembukaan Launching Microsite Project Exhibition yang dibawakan oleh ibu Titi Indahyani selaku ketua jurusan desain interior Binus University. Setelah sesi pembukaan acara dilanjutkan dengan menyambut salah satu mahasiswa Binusian 2021, yaitu kak Edita Sugianto selaku mahasiswa tingkat akhir yang memperlihatkan hasil karya tugas akhirnya.
Judul dari karya tugas akhir kak Edita Sugianto adalah “Perancangan Interior Pusat Kuliner Khas Manado di Manado”. Konsep desain local content yang kak Edita terapkan diambil dari daerah kampung halamannya sendiri yaitu Manado. Design statementnya juga dibuat begitu menarik dan memiliki ciri khasnya tersendiri yaitu “Jejak Rasa Nyiur Melambai”. Kak Edita mengatakan bahwa design statementnya ini terinspirasi dari kota Manado yang merupakan kota nyiur melambai (kelapa). Kelapa dan kuliner manado lah yang banyak digunakan sebagai inspirasi pada perancangan pusat kuliner yang kak Edita buat. Bentuk-bentuk yang paling banyak digunakan dalam karyanya adalah bentuk bulat, dimana bentuk ini terinspirasi dari buah kelapa sendiri.
Setelah itu, acara pameran karya tingkat akhir tersebut ditutup dengan sesi tanya jawab singkat seputar tugas akhir Kak Edita yang dipandu oleh MC acara webinar HIMDI. Dari berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta webinar, dapat disimpulkan bahwa proses yang dilalui ka Edita dalam mencari konsep ataupun ide perancangannya adalah dengan banyak membaca buku maupun berjalan-jalan ke suatu tempat baru guna untuk memperluas wawasannya.
Setelah sesi pameran karya tugas akhir, acara dilanjutkan dengan menyambut pak Adhisatria selaku narasumber pada acara webinar HIMDI kali ini. Pak Adhisatria sendiri merupakan General Manager Store Design & Construction dari PT. Central Retail Indonesia, yang dimana pengetahuan dan pengalaman beliau dalam dunia retail sudah tidak perlu diragukan lagi.
Di awal pembawaan materi, pak Adhisatria menegaskan pada para peserta webinar untuk selalu melakukan riset yang lengkap pada toko yang akan kita rancang kedepannya. Kita perlu mengetahui lebih dalam mengenai toko tersebut, seperti produk, target market, dan lokasi toko. Tujuannya sendiri adalah untuk mempermudah kita dan membuat hasil rancangan toko yang kita desain menjadi lebih sesuai dengan filosofi dan kebutuhan toko itu sendiri.
Pada saat sesi tanya jawab webinar, terdapat beberapa pertanyaan dari berbagai institusi yang berbeda, salah satu jawaban menarik yang diberikan oleh pak Adhisatra adalah tentang bagaimana interaksi antara barang dengan penggunanya sangatlah penting diperhatikan ketika kita hendak mendesain sebuah toko retail. Hal ini penting dikarenakan nantinya kita harus bisa memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk mencoba produk toko kita secara langsung sehingga mereka bisa merasakan pengalaman secara langsung dalam menggunakan barang tersebut.
Menuju penghujung acara dalam webinar HIMDI yang kedua ini, tibalah pada sesi pembagian hadiah kepada tiga orang yang memberikan pertanyaan terbaik. Peserta yang melontarkan pertanyaan terbaik diberikan OVO sebesar Rp 50.000 dan dihubungi secara langsung oleh panitia webinar HIMDI 2021 seusai acara. Lalu, akhir acara ditutup dengan foto bersama yang dipandu oleh panitia dokumentasi webinar HIMDI.