Sustainable Material

https://www.houseofu.com/en/blog/sustainable-textile-five-fabrics-that-make-fashion-greener/

 

Material yang berkelanjutan atau yang biasa disebut sebagai sustainable material merupakan material yang diproduksi dalam volume yang dibutuhkan tanpa menghabiskan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui dan tanpa mengganggu keseimbangan dari lingkungan dan juga sistem sumber daya alam utama. Salah satu manfaat dari penggunaan sustainable material adalah mengurangi sampah yang menumpuk akibat produk yang menggunakan material yang tidak ramah lingkungan. Material yang berkelanjutan atau Sustainable material berfungsi sebagai material pengganti atau rekayasa dari berbagai material. 

https://journey.designpossibility.com/17-sustainable-materials-to-consider-in-your-next-design-project-a29a0dd05091

Di Indonesia sendiri, masih sedikit sekali produk-produk yang menggunakan material yang dapat diperbaharui. Peran interior desainer itu dalam hal ini menjadi sangat besar. Sustainability dapat dikenalkan pada berbagai pihak misalnya owner, supplier, atau produsen material interior agar mereka lebih memilih menggunakan material yang sustainable dibandingkan yang tidak sustainable. Ada banyak produsen material di Indonesia yang dapat berperan besar agar dapat mengurangi carbon footprint di sekitar kita. Setiap langkah kita sebagai Interior Designer untuk membuat bumi menjadi lebih baik.

Pada masa ini sudah banyak sekali jenis material yang berkelanjutan atau sustainable material yang telah dikembangkan. Sustainable material dapat diaplikasikan pada setiap elemen dasar seperti floor, wall, ceiling, maupun furniture.

Treatment yang diaplikasikan dapat dibuat menjadi berbagai bentuk yang dapat memberikan kesan aesthetic pada area tersebut. Selain dapat membuat banyak orang tertarik, treatment ini juga lebih ramah lingkungan. Sustainable material juga mempertimbangkan setiap bahan yang digunakan, tidak hanya eco-friendly namun tidak lekang oleh waktu. Material yang dihasilkan harus kuat dan tahan lama sehingga aman untuk diterapkan pada elemen interior.

https://www.elisava.net/en/sustainable-materials-design
https://www.havwoods.com/us/cork-wall-tiles/
https://www.seattletimes.com/explore/at-home/unique-options-for-eco-friendly-building-materials/
https://id.pinterest.com/pin/69031806778528529/
Panitia DISTORSI