STUBANDUNG HIMARS BINUS X IMA-G ITB X HMPSArs UNPAR

Benchmarking atau Studi Banding (STUBAN) merupakan kegiatan dan juga program kerja yang dimiliki oleh HIMARS yang dilaksanakan setiap tahunnya. STUBAN ini merupakan program kerja yang memberikan pengalaman kerja serta menciptakan hubungan yang baik antara HIMARS Binus University dengan himpunan kemahasiswaan Arsitektur dari universitas lain. Dengan diadakannya benchmarking ini, diharapkan dapat memberikan ilmu yang mampu meningkatkan kinerja setiap organisasi, dimana dapat mengetahui apa saja perbedaan yang dimiliki dan membandingkan program kerja apa saja yang membedakan setiap organisasinya sehingga membuat kedua himpunan memiliki keinginan untuk meningkatkan kinerja yang dimiliki.

STUBAN 2023 ini mengusung tema “STUBANDUNG” yang terinspirasi dari kata Studi Banding to Bandung. Pada tahun ini, HIMARS berkesempatan untuk melakukan benchmarking dengan IMA-G Institusi Teknologi Bandung dan HMPSArs Universitas Katolik Parahyangan, yang merupakan himpunan mahasiswa dengan program studi arsitektur yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Pada hari pertama STUBAN 2023 HIMARS berkolaborasi bersama IMA-G ITB. Kami melakukan tour kampus ITB sembari menuju Gedung Arsiktektur milik ITB lalu kami bertukar informasi mengenai informasi himpunan seperti perbedaan struktur organisasi yang tersiginifikan, bertukar program kerja yang dapat HIMARS ataupun IMA-G ITB pelajari satu sama lain serta sharing session antar divisi. Kegiatan selajutnya kita bermain games sambung gambar dengan menggambar prespektif interior sesuai dengan tema yang di berikan.

Pada hari kedua STUBAN 2023 HIMARS berkolaborasi bersama HMPSArs UNPAR. Tidak jauh berbeda dengan yang terjadi pada hari pertama kami melakukan tour gedung arsitektur UNPAR, bertukar informasi mengenai informasi himpunan, Kegiatan selajutnya kita bermain games sambung gambar sama seperti hari pertama menggambar prespektif interior sesuai dengan tema yang diberikan panitia.

Mahasiswa Arsitektur untuk memahami, mengevaluasi, dan menggali wawasan lebih dalam mengenai berbagai pengalaman kerja dengan himpunan kemahasiswaan Arsitektur dari universitas lain. Tujuan utama dari studi banding ini adalah untuk menciptakan hubungan yang baik antara HIMARS Binus University dengan Himpunan Mahasiswa Arsitektur dari universitas lain, pada tahun ini, HIMARS berkesempatan untuk melakukan benchmarking dengan HMPSArs Universitas Katolik Parahyangan dan IMA-G Institusi Teknologi Bandung, yang merupakan himpunan mahasiswa dengan program studi arsitektur yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Yang dilakukan selama kegiatan studi banding ini adalah bertukar informasi mengenai bagaimana struktur organisasi antar universitas yang tentunya setiap universitas mempunyai alasan dibalik struktur organisasi tersebut. Selain itu, program kerja ini juga bertujuan untuk memperkaya wawasan tidak hanya secara keseluruhan satu organisasi, namun juga memperkaya wawasan setiap divisi yang ada. Sehingga setiap orang yang ada di organisasi dapat mendapatkan dan memberikan informasi baru yang dapat mendukung kita untuk memberikan sebuah inovasi baru bagi masing-masing himpunan. Dari seluruh penjelasan singkat yang ada diatas dapat disimpulkan bahwa STUBAN merupakan sebuah proker dari HIMARS ynag bertujuan untuk menjalin dan memperkuat relasi antara universitas jurusan arsitektur yang dapat memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak yaitu dapat bertukar informasi dan memperkaya wawasan.

Pada hari terakhir kami tim HIMARS memiliki satu hari yaitu One Day With HIMARS yang dapat digunakan untuk menumpuk pengalaman, memori, antar anggota, bermain serta mengobrol bersama disalah satu sarana rekreasi yang terdapat di bandung yaitu Noah Park.