Teknologi BIM dan Arsitektur

2440114360 Fakhry Fajar Fadhilah

BIM (Building Information Modeling) merupakan suatu proses digital yang mengoptimalkan proses perancangan pada sebuah proyek, mulai dari proses desain dan konstruksi, proses operasional dan pemeliharaan, hingga tahapan demolisi. Di dalam teknologi BIM terdapat banyak informasi terkait berbagai elemen bangunan seperti spesifikasi material, warna, pola dan tekstur, hingga ukuran detail dari suatu komponen tersebut. Dengan banyaknya informasi tersebut, teknologi BIM bisa menjadi rujukan dalam penghitungan estimasi biaya konstruksi dan analisa terkait performa bangunan yang akan di bangun.

Dari awal kemunculannya, teknologi BIM terus beradaptasi dengan kebutuhan dunia kontrusi dan arsitektur dengan mengupdate kemampuan softwarenya sehingga telah berkembang dari level 0 yang hanya dapat menampilkan objek 2D sampai ke level 3 yang memungkinkan banyak pihak untuk berkolaborasi secara online dalam merancang sebuah kontruksi dan desain bangunan. Dan saat ini seluruh pihak dengan berbagai disiplin ilmu dalam bidang AEC (Arsitektur, Engineering, dan Construction) dapat berkoordinasi dan berkolaborasi secara langsung untuk mengoptimalkan rancangan bangunan proyeknya.

Selain mempermudah dalam proses mendesain, teknologi BIM juga mampu meningkatkan kualitas presentasi dalam rancangan. Dengan kualitas visualisasi gambar serta 3D model yang lebih detail, juga dilengkapi oleh berbagai informasi di dalamnya yang akan meningkatkan pengalaman bagi pengguna. Dalam dunia profesional di bidang AEC, hal tersebut akan membantu klien untuk mendapat gambaran yang lebih nyata mengenai proyek yang ada sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan terbaik dalam pengambilan keputusan. Sedangkan bagi mahasiswa arsitektur, penggunaan teknologi BIM yang menyajikan visualisasi rancangan dengan kualitas visual yang sangat baik akan mempermudah dalam mengkomunikasikan rancangan kepada para dosen penguji.

Saat ini telah banyak penyedia layanan software pada teknologi BIM dengan berbagai kelebihan dan karakteristik yang berbeda seperti contohnya : Autodesk Revit, Trimble Connect, BIM Collab, Graphisoft ArchiCAD, Solibri Model Checker, dan lainnya.

Perlu di ketahui bahwa setiap program software BIM diatas memiliki fitur dan manfaat berbeda yang dapat membantu dalam proses pengelolaan pada proses desain dan konstruksi. Beberapa software BIM tersebut merupakan software berbayar yang sangat populer digunakan saat ini, ke lima software BIM yang disebutkan diatas juga  memberi layanan gratis bagi pengguna yang merupakan mahasiswa aktif di bidang kontruksi dan arsitektur dengan memberi layanan lisensi educational terbatas.

 

 

 

 

Referensi,

BIM dan Transformasi Digital Dalam Dunia Arsitektur. (2022, August 8). #DigitalBisa. Retrieved December 11, 2022, from https://digitalbisa.id/artikel/bim-dan-transformasi-digital-dalam-dunia-arsitektur-F9P2d

My Top 10 Best BIM Software Programs. (2022, November 29). Plannerly. Retrieved December 11, 2022, from https://plannerly.com/10-best-bim-software-programs/

.