Taman Mini Indonesia Indah Menjadi Sarana Pembelajaran Arsitektur Tradisional Indonesia

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektare. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 26 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

Anjungan Daerah adalah bangunan-bangunan rumah adat yang bercirikan arsitektur tradisional khas daerah Indonesia. Terdapat 33 Anjungan Daerah yang dibangun berderet mengelilingi danau Miniatur Arsipel Indonesia, melambangkan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Tiap provinsi menampilkan sekurangnya tiga bentuk rumah adat khas daerah, berada di satu kawasan yang disediakan untuk provinsi bersangkutan. Bentuk rumah adat dibuat sesuai dengan bangunan asli, baik ukuran, bentuk atap, ragam hias, susunan ruangan, bentuk jendela, tangga, dan detail lainnya. Bahkan ada yang langsung dipindahkan dari daerahnya, seperti rumoh Aceh Cut Meutia yang langsung dibawa dari Nangroe Aceh Darusallam.


Dengan adanya anjungan daerah tersebut kita dapat mempelajari arsitektur tradisional Indonesia dengan melihatnya secara langsung bahkan kita dapat masuk untuk mengamatinya dengan lebih dekat dan menikmati suasana didalam rumat adat tersebut. Di dalam anjungan juga terdapat pameran tentang suku dan adat kebiasaan daerah sehingga kita juga dapat mengerti konteks bangunan  tradisional setiap daerahnya.

Di dalam TMII juga terdapat bangunan bangunan lain yang memiliki bentuk yang estetis dan unik yang dapat menjadi pembelajaran juga bagi dunia arsitektur, bagaimana strukturnya untuk mendukung bangunan yang memiliki bentuk yang unik tersebut, dan masih banyak lagi yang dapat di pelajari dari TMII dalam dunia arsitektur.