Contoh Arsitektur Vernakuler di Indonesia (Part 2)

Oleh : Vanessa Brigita Suwandi – 2301859184

Indonesia memiliki banyak keragaman yang bisa kita contoh salah satunya adalah arsitektur tradisional. Walaupun bangunan tradisional tidak terlihat modern tetapi bangunan tersebut pastinya menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya yang berbeda-beda. Sebenarnya apa itu arsitektur vernakular? Arsitektur vernakular adalah gaya arsitektur yang dirancang berdasarkan kebutuhan lokan atau lingkungannya, ketersediaan bahan bangunan pada daerah tersebut dan mencerminkan tradisi lokal. Dalam arsitektur, vernakular biasanya mengacu pada jenis arsitektur yang asli pada waktu dan tempat tersebut.

Gambar 1. Gereja Toraja dengan konsep rumah tongkonan Jl. Boulevard BGR No. 20, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Arsitektur vernakular merupakan istilah yang mempresentasikan arsitektur primitif atau asli, arsitektur adat, leluhur atau tradisional. Sudah sejak abad ke-19 banyak arsitek profesional yang membuat karyanya dengan versi atau gaya arsitektur vernakular ini. Sebenarnya, konsep dari arsitektur vernakular ini bukanlah konsep yang baru, melainkan sudah sejak zaman dahulu konsep ini sudah dikembangkan. Salah satu contoh dari konsep arsitektur ini adalah Gereja Toraja yang ada di Jakarta Utara.

Bisa dilihat bagian yang paling menarik dan mencolok dari bangunan gereja ini adalah bagian dari atap yang berbentuk seperti kepala kerbau. Mengapa kepala kerbau? Karena kepala kerbau merupakan lambang dan kepercayaan dari rumah adat Toraja. Filosofi dipilihnya bentuk rumah adat tongkonan ini adalah tongkonan merupakan pemersatu keluarga sehingga di tengah kesibukan yang ada, diharapkan Tongkonan ini bisa menjadi tempat berkumpul maupun tempat untuk berdoa.

Sumber:

https://www.arsitag.com/article/apa-itu-arsitektur-vernakular

https://www.pesona.co.id/article/beribadah-di-rumah-toraja