SSEARCH#2

SSEARCH#2 kali ini kami adakan pada hari Jumat tanggal 22 Januari 2021. Seperti biasa, tentunya kami dari HIMARS mengundang pembicara-pembicara yang keren dan kece pastinya. Kami mengundang dua mahasiswa/I Arsitektur Binus untuk menjadi pembicara yaitu Fabian Kurniawan dari binusian 2022 dan Alexis Shelindera dari binusian 2023. Acara ini dipandu oleh Maudya A dari binusian 2022 sebagai moderator di acara Ssearch kali ini. Untuk materi dari Ssearch#2 ini adalah “Stupa 3 & Stupa 4”. Tema tersebut diambil karena para pembicara akan mempresentasikan hasil tugas studio perancangannya sesuai dengan semester yang diduduki.

Pada episode kali ini yang mempresentasikan hasil karyanya pertama kali adalah Alexis. Ia menampilkan hasil studio perancangan semester 3 yaitu projek cultural gallery. Dalam penjelasan yang dipaparkan, Alexis mengambil ide dari rumah Sumba yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dapat dilihar dari atap bangunannya yang dapat menjadi ciri khas rumah adat Sumba. 

Presentasi kedua dilakukan oleh Fabian yang menjelaskan hasil tugas studio perancangannya pada semester 5 yaitu projek apartmen. Dalam menentukan desain apartemen yang akan dibuat, Fabian melakukan research terlabih dahulu kepada orang-orang terutama kepada kaum milenial agar apartment yang akan dibuatnya mengasilkan hasil yang maksimal, sehingga terciptalah design apartment untuk kaum milenial yang unik dan minimalis.

Dalam mendesain sebuah bangunan tidak lah asal-asalan dan harus adanya ketelitian dan pengetahuan yang lebih agar desain yang akan dituju menimbulkan hasil yang maksimal. Sebagai contoh, Alexis dan Fabian pun melakukan hal yang sama. Keduanya sama-sama melakukan analisis data, mencari informasi yang bersangkutan, dan membuat desain respon yang dapat merespon lingkungan sekitar agar desain tidak terlihat berantakan atau asal-asalan.

Kira-kira untuk episode selanjutnya Ssearch bakal ngundang siapa lagi ya? Yuk ikutin kami terus di Ssearch selanjutnya agak tidak tertinggal informasi mengenai desain arsitektur yang keren-keren dari mahasiswa/I Arsitektur Binus! Informasi mengenai Ssearch selalu kami update di Instagram @himarsbinus