WORKSHOP HIMA 2023

Pada kesempatan acara workshop HIMA kali ini, kami mengusung tema “Digital Adventure in Research” dengan topik “Exploring Research Capabilities in Accounting by Using Vosviewer” yang diselanggarakan di Binus Bekasi, pada tanggal 24 November 2023 secara onsite.

Dengan memilih topik workshop ini, kami berharap Vosviewer dapat memudahkan mahasiswa/i dalam memvisualisasi bibliometric seperti jurnal, judul, publikasi, dan lain-lain. Sehingga dapat membantu mahasiswa/i mengubah visualisasi data menjadi lebih mudah dipahami, dengan ini akan bermanfaat untuk membuat tugas, presentasi, dan bahkan dalam pembuatan skripsi agar menjadi lebih mudah. 

Acara workshop ini dibawakan oleh Reinhard Yohannes Corneles selaku MC, yang dilanjutkan dengan sambutan dari Faiza Nadila selaku Ketua Pelaksana Workshop dan Agustina Eka Putri selaku Ketua  Umum HIMA 2023. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Prof. Toto Rusmanto, M.Comm, Ph.D., CAPM., CMA selaku Head of Accounting Technology Program. Kami menghadirkan Ibu Rindang Widuri, S.Kom., S.Ak., MM., Ph.D., CertDA selaku Head of Master Accounting Program sebagai pembicara dalam acara workshop ini yang berdurasi selama 2 jam 30 menit. 

Pembahasan mengenai Vosviewer dipraktikan langsung disertai penjelasan oleh Ibu Rindang Widuri, yang diikuti oleh seluruh peserta dengan menggunakan aplikasi Vosviewer. 

Workshop: Sesi Penyampaian Materi

Setelah penyampaian sesi materi oleh pembicara selesai, sesi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab atau QnA.  Dalam sesi ini, sejumlah peserta secara aktif mengajukan pertanyaan kepada pembicara, dan pertanyaan – pertanyaan tersebut direspons dengan cara yang informatif dan solutif oleh pembicara. Selain itu, pertanyaan terbaik mendapatkan hadiah berupa E – Wallet.

Workshop: Sesi Tanya Jawab

Setelah sesi tanya jawab selesai, untuk mencairkan dan memeriahkan suasana kelas, sesi berpindah ke sesi games melalui Kahoot dengan pertanyaan – pertanyaan yang ringan. Tiga peserta yang mendapatkan skor tertinggi akan mendapat hadiah berupa snack. 

Workshop: Pemenang Games

Acara diakhiri dengan sesi penyerahan plakat kepada pembicara yang dilakukan oleh Agustina Eka Putri selaku Ketua Umum HIMA. 

Workshop: Penyerahan Plakat

Sebagai penutup acara, dilakukan sesi dokumentasi bersama dengan seluruh peserta workshop.

Workshop: Foto Bersama

Sebagai panitia Workshop HIMA 2023, kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berkontribusi dalam menyukseskan acara ini. Terutama kepada pembicara yang telah bersedia hadir untuk berbagi ilmu yang bermanfaat dalam acara workshop ini.