Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Bagi Negara

Tanggung jawab sosial adalah salah satu yang mengharuskan individu untuk mempertimbangkan tindakannya dalam kerangka seluruh sistem sosial, dan meminta pertanggungjawabannya atas konsekuensi tindakannya di mana pun dalam sistem itu. Pengertian tanggung jawab sosial mengandaikan bahwa perusahaan tidak hanya memiliki kewajiban ekonomi dan hukum, tetapi juga tanggung jawab tertentu kepada masyarakat yang melampaui kewajiban tersebut. Dalam konteks bisnis atau perusahaan, tanggung jawab sosial disebut juga dengan CSR (Corporate Social Responsibility).

Corporate Social Responsibility mempertimbangkan secara serius dampak tindakan perusahaan terhadap masyarakat. . Perusahaan memiliki beberapa tujuan dalam menjalankan tanggung jawab sosial atau CSR. Yang pertama adalah meningkatkan reputasi perusahaan itu sendiri. Jika perusahaan sudah memiliki gambaran yang bagus, pasti akan meningkatkan penjualan. Masyarakat akan mempertimbangkan untuk membeli produk dari perusahaan yang menjalankannya dengan etika dan tanggung jawab masyarakat walaupun produk tersebut tidak sebaik yang lain dibandingkan dengan perusahaan yang kurang memperhatikan etika bahkan memiliki nilai yang lebih baik Lalu Perusahaan memiliki beberapa tujuan dalam menjalankan tanggung jawab sosial atau CSR.

Menurut Bhatt, (2002:6): Terdapat tiga faktor terkait dengan keputusan sehubungan dengan CSR. Yang pertama yaitu faktor regulasi nasional. Jika dilihat secara sekilas, faktor ini lebih mengacu kepada hukum. Setiap perusahaan pastinya harus mematuhi hukum dalam beroperasi. Kemudian terdapat faktor penciptaan nilai, perusahaan dapat menciptakan peluang yang bermakna nilai positif apabila perushaan tersebut melakukan tanggung jawab sosial. Faktor ketiga, yaitu faktor risk minimisation.Kebijakan beserta prosedur harus dimplementasikan oleh perusahaan dalam rangka mengurangi macam-macam risiko terkait dengan kerusakan ataupin kerugian. Diluar ketiga faktor tersebut responsif sosial (social responsive), yaitu ketika perusahaan berpartisipasi pada aksi atau gerakan untuk memenuhi beberapa kebutuhan sosial sebagai bentuk tanggapan atas kebutuhan sosial tersebut.

Reference :

Carrol, Archie B. Brown, Jill. Buccholtz, Ann K. (2018). Business&Society: Ethics, Sustainability, and Stakeholder Management. Tenth Edition. Boston. United States: Cengage Learning.