Bincang Jurusan Series 2023: Region Senayan

Pada penyelenggaraan Bincang Jurusan kali ini, kami mendapat kesempatan untuk berkolaborasi dalam menyelenggarakan Bincang Jurusan gabungan dengan 2 area kampus yaitu Kemanggisan dan Senayan. Dengan adanya Bincang Jurusan gabungan, diharapkan bahwa acara ini dapat benar-benar menyalurkan aspirasi bagi mereka yang membutuhkan jawaban, dan dapat benar-benar menjawab pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa yang menyelenggarakan studi Akuntansi dan Keuangan mereka di BINUS University. Bincang Jurusan 2023 diadakan pada hari Rabu, 7 Juni 2023 pada pukul 10.30-12.00 WIB. Peserta dapat mengikuti acara secara onsite di BINUS University Senayan JWC campus atau online melalui media Zoom Cloud Meetings. Pada Bincang Jurusan 2023, kami mengangkat tema “Pintar Uang: Boosting Financial Literacy for the Indonesian Gen-Z.

Bincang Jurusan 2023 didukung oleh para narasumber dari pihak BINUS University sendiri, yakni Ibu Valentina Tohang, SE., M.Bus(ERP)., M.Bus (Acc). selaku Head of International Accounting and Finance Program dan Bapak Mohamad Ikhsan Modjo, SE., M.Comm., Ph.D. 

Pada pukul 10.30 WIB acara Bincang Jurusan 2023 dibuka oleh Akhyar Ramadhinara selaku MC pada acara Bincang Jurusan 2023. Acara dimulai dengan doa yang diikuti oleh pengisian entry ticket dan pembacaan peraturan selama acara berlangsung. Pembukaan acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Matthew Reinhart Boenardi selaku ketua acara Bincang Jurusan 2023, kemudian kata sambutan dari Karlito Pang selaku Campus President HIMA BINUS area Senayan 2023.

Sesi Bincang Jurusan Region Senayan

Isi acara Bincang Jurusan 2023 dibawakan oleh Bapak Mohamad Ikhsan Modjo, SE., M.Comm., Ph.D. Pada acara ini, Bapak Ikhsan membahas topik “Finance Technology Literacy and Youngster Challenges”. Bapak Ikhsan membuka topik ini dengan mengutarakan bahwa Artificial Intelligence (AI) sudah mulai bermunculan di sekitar kita seiring berkembangnya industri pekerjaan. Oleh karena itu, banyak sekali remaja yang menggunakan teknologi finansial seperti investasi cryptocurrency dan pinjaman online. Namun, menurut Bapak Ikhsan, banyak sekali kegiatan-kegiatan ini yang berakhir buruk karena kurangnya financial literacy pada kalangan muda. Financial literacy merupakan pengetahuan, keterampilan serta keyakinan dalam konsep finansial. Bapak Ikhsan menjelaskan bahwa financial literacy terdiri dari beberapa komponen yaitu budgeting, saving, investing, borrowing, debt managerial, financial planning, dan understanding of financial products. Bapak Ikhsan kemudian menyatakan bahwa kedepannya teknologi finansial akan menjadi lebih umum. Maka dari itu, ia menyarankan agar mahasiswa/i akuntansi dan keuangan Binus University mempelajari konsep financial literacy agar dapat berkembang secara efisien pada dunia virtual. 

Pembawaan materi oleh Bapak Mohamad Ikhsan Modjo

Acara ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Joscelynne Louisa Handa Saputra selaku moderator acara Bincang Jurusan 2023 kemudian diakhiri dengan pengisian exit ticket dan sesi dokumentasi yang dipandu oleh Akhyar Ramadhinara selaku MC pada acara Bincang Jurusan 2023. 

Sesi tanya jawab Bincang Jurusan Region Senayan

Kami mengucapkan terima kasih kepada panitia, perserta, serta pihak jurusan yang telah berpartisipasi dalam acara Bincang Jurusan 2023 sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan.