Friday Fact: Ikigai, filosofi Orang Jepang untuk Hidup Berbahagia

Konsep Ikigai
Dalam bahasa Jepang, Ikigai berarti “alasan untuk hidup.” Orang Jepang percaya dengan menumbuhkan Ikigai dalam hidup, mereka semakin menemukan makna dalam kehidupan dan membuat sebagian besar orang Jepang memiliki harapan hidup yang tinggi.
Seseorang yang mempraktikkan Ikigai akan tahu alasan mereka harus makan pagi, memperjuangkan sesuatu, dan membuat mereka lebih punya harapan. Seseorang yang tidak mengetahui Ikigai akan terasa hidup lebih sepi dan tanpa makna.

Ada beberapa aspek dalam menentukan ikigai yang kita miliki, antara lain:

  • Passion: What you love
    Ikigai yang kita miliki tentunya berdasarkan hal yang kita sukai, hal yang dapat membuat kita bahagia dan bersemangat ketika melakukannya kapan saja dan dapat saling berbagi kepada orang lain. Contoh hal sederhana ini dapat berupa hobi atau kesenangan pribadi.
  • Mission: What the world needs
    Aspek ini berupa hal yang dibutuhkan di dunia. “Dunia” dalam hal ini dapat berupa lingkungan sekitar maupun komunitas. Apa yang dibutuhkan dunia dapat didasarkan pada kesan atau kebutuhan yang diungkapkan oleh orang lain, seperti menjadi relawan.
  • Vocation: What you can get paid for
    Dalam menentukan ikigai yang ideal, kita juga harus mendapatkan imbalan finansial untuk bertahan hidup. Pada vocation ini, kita akan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi dunia sama seperti konsep Mission, tetapi bedanya kita tidak menyukai hal itu. Namun, kita akan mendapatkan bayaran.
  • Profession: What you’re good at
    Aspek terakhir dalam menentukan ikigai adalah menentukan keterampilan yang kita kuasai. Lingkup ini mencakup bakat atau kemampuan, apakah kita bersemangat atau tidak, apakah dunia membutuhkannya, atau apakah kita dapat dibayar untuk itu.

 

Bagaimana cara menemukan Ikigai?
Pada dasarnya, Ikigai merupakan irisan dari empat elemen yaitu Passion, Mission, Vocation, dan Profession. Keempat aspek harus saling melengkapi. Apabila kita dapat menyatukan keempat elemen tersebut, maka kita akan menemukan arti dari Ikigai yang dapat membuat hidup lebih bermakna.

Ikigai fun facts, tahukah kamu:

  1. Penduduk Okinawa yang terkenal dengan kesehatan mereka mempunyai kepercayaan Ikigai yang kuat.
  2. Ibu Teresa, dan Martin Luther King Jr. mempunyai Ikigai yang sangat kuat.
  3. Asal usul dari kata Ikigai itu sendiri didapat ketika periode Heian pada tahun 794 sampai 1185. ‘Gai’ berasal dari kata ‘Kai’ yang dianggap berharga ketika masa itu dan kemudian diartikan sebagai nilai dalam hidup.
  4. Buku “Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life” adalah bestseller secara internasional dan telah menjual lebih dari 1.5 Juta salinan di seluruh dunia.
  5. Masyarakat Jepang mempercayai bahwa apabila mereka memiliki ikigai dalam hidup, maka mereka akan hidup lebih lama.

 

Referensi:
Putri, Bintang Adita. (2020). Ikigai, Filosofi Hidup Orang Jepang yang Perlu Ditiru. Diambil dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-suluttenggomalut/baca-artikel/13385/Ikigai-Filosofi-Hidup-Orang-Jepang-yang-Perlu-Ditiru.html
Akbar, Fathan. (2021). IKIGAI: Konsep Hidup Bahagia dan Cara Mencapainya. Diambil dari https://satupersen.net/blog/mengenal-ikigai-konsep-hidup-bahagia
Ikigai Connections. (2019). Why You Should Know Your Ikigai. Diambil dari https://www.ikigaiconnections.com/why-you-should-know-your-ikigai/
García, Héctor. (2019). Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life. Diambil dari https://www.amazon.com/Ikigai-Japanese-Secret-Long-Happy/dp/0143130722
Seychelles Nation. (2021). World Cultures: ‘Ikigai’ – the Japanese ideology of discovering happiness & your reason for living. Diambil dari https://nation.sc/articles/9229/world-cultures-ikigai–the-japanese-ideology-of-discovering-happiness–your-reason-for-living
Leal, Christine Joy. (2021). The Formula to Finding Purpose: How to Find Your Ikigai. Diambil dari https://kanbanzone.com/2021/the-formula-to-finding-purpose-how-to-find-your-ikigai/