Tips untuk Meraih Kesuksesan di Dunia Kerja

Masa perkuliahan menjadi tempat di mana Anda dapat melakukan hal yang disukai. Namun, di masa tersebut juga menjadi tempat di mana Anda harus benar-benar mengenali diri sendiri. Hal tersebut dikarenakan kesuksesan dimulai dari diri sendiri. Anda harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar dapat meraih kesuksesan di dunia kerja nanti. Berikut adalah beberapa tips untuk meraih kesuksesan di dunia kerja. 

  1. Aktif Berorganisasi
    Ketika menginjak bangku kuliah, Anda pasti sering mendengar nasihat dari para senior untuk selalu aktif saat kuliah, salah satunya aktif untuk ikut berorganisasi dalam bidang yang Anda sukai. Jika sejak dini Anda aktif dalam organisasi, maka anda akan memiliki banyak sekali keuntungan yang bisa diterapkan seumur hidup. Pertama, Anda akan terbiasa untuk mengatur waktu secara bijaksana. Organisasi memanglah penting, tetapi Anda harus ingat bahwa tujuan awal kuliah adalah untuk menuntut ilmu. Maka dari itu Anda harus bisa membagi waktu antara dua hal tersebut, harus menyeimbangi dan jangan sampai salah satunya menjadi terabaikan. Selain dari aspek waktu, aktif berorganisasi juga akan membawa Anda untuk bertemu dengan orang-orang baru dari jurusan atau bahkan kampus yang berbeda. Relasi ini sangat penting ketika Anda telah lulus kuliah nantinya. Anda juga bisa meningkatkan soft skill seperti kemampuan bicara di depan umum atau menjadi pemimpin di sebuah kelompok. Yang terakhir, saat berorganisasi Anda pasti akan sering dihadapkan dengan banyak masalah. Masalah tersebut kemudian akan membuat Anda terlatih dan terbiasa untuk memecahkan masalah secara efektif.

  2. Bijak dalam memilih pergaulan
    Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan orang lain, maka dari itu kita tidak dapat terhindar dari pertemanan maupun pergaulan. Bergaul merupakan suatu kegiatan yang sering dilakukan sebagai salah satu cara untuk beradaptasi terhadap lingkungan, mendapatkan teman, membantu memahami kondisi sekitar, dan lainnya. Memilih pergaulan yang tepat memiliki dampak yang sangat besar bagi kesuksesan Anda di masa depan, sebab secara tidak langsung pergaulan dapat mempengaruhi karakter pribadi Anda. Pilihlah lingkungan pergaulan positif yang dapat memotivasi Anda untuk menjadi lebih produktif agar dapat mencapai kesuksesan bersama-sama. Tidak hanya memilih teman pergaulan dengan karakter yang baik, namun Anda juga harus mempertimbangkan gaya hidupnya. Jangan memaksakan diri Anda mengikuti gaya hidup orang lain karena hal itu akan membuat disiplin yang tidak baik dalam diri. Anda boleh berteman dengan siapa pun, namun ingatlah untuk bijak dalam memilih pergaulan.

  3. Berani mencoba
    Mencoba sesuatu yang baru bukanlah hal yang buruk. Mencoba hal yang baru membantu Anda untuk menemukan passion. Tentunya Anda tidak akan menemukan passion jika hanya mencoba satu atau dua kali. Anda perlu mencoba terus untuk menemukan passion. Selagi mencari passion, Anda juga dapat mengobati rasa jenuh akan hal-hal yang sudah biasa terjadi. Anda akan menemukan dan memulai hal yang baru, hal tersebut membuat Anda jauh dari rasa jenuh. Dengan begitu, Anda juga mendapatkan berbagai pengalaman menarik yang akan berguna di dunia kerja nanti. Pengalaman yang didapatkan dari mencoba dan memulai hal baru membantu Anda menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi di dunia kerja. Hal tersebut dikarenakan dalam mencoba sesuatu yang baru, tentu akan ada konflik yang muncul. Anda akan berusaha mencari cara untuk menyelesaikan konflik tersebut. Kemampuan Anda untuk menyelesaikan masalah sangat berguna di dunia kerja. Oleh karena itu, jangan takut untuk mencoba dan memulai hal baru. Anda akan mendapatkan dampak yang positif dan membangun dari hal-hal baru tersebut.

  4. Mengeksplorasi diri sendiri
    Mengeksplorasi diri sendiri sangat penting untuk mengenali dan memahami diri kita sendiri. Dengan melakukan eksplorasi terhadap diri kita sendiri, kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri kita sehingga kita dapat melihat diri kita yang sesungguhnya. Melalui kekurangan yang ada dalam diri kita, dapat kita jadikan pembelajaran dan berusaha untuk mengubah kekurangan tersebut menjadi suatu kelebihan kita. Selain itu, mengenali potensi yang ada di dalam diri kita juga sangat penting untuk masa depan kita. Pada umumnya, masih banyak orang yang kesulitan dalam menemukan potensi yang ada di dalam dirinya. Sehingga, pencapaian orang tersebut hanya sebatas itu saja dan tidak bisa berkembang. Itulah mengapa pentingnya untuk mengenali dan memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri kita karena potensi akan membantu seseorang untuk bisa berkembang, mencapai banyak hal atau keinginan dalam hidupnya, dan sukses dalam berbagai hal.

  5. Cermat dalam mengatur keuangan
    Penting untuk diketahui bahwa pengelolaan keuangan yang baik merupakan skill yang akan bermanfaat di masa depan. Dalam aktivitas sehari – hari, pastinya tidak akan luput dari yang namanya “pengeluaran”, baik pengeluaran untuk kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier. Perlu dipahami bahwa kebutuhan pokok dan keinginan merupakan hal yang berbeda. Dengan begitu, Anda dapat berhati – hati dalam mengatur pengeluaran. Keuangan dapat diatur dengan mudah melalui hal – hal kecil, salah satunya yaitu dengan cara menyisihkan uang saku untuk ditabung, contohnya seperti menyisihkan sebanyak 20% dari uang saku harian. Hal yang dapat membantu Anda agar dapat menyisihkan sisa uang untuk ditabung yaitu dengan menetapkan budget harian agar biaya yang dikeluarkan tidak berlebihan, alias “tidak boros”. Mulai belajar menyisihkan dan menabung akan sangat bermanfaat untuk masa depan. Terlebih lagi, tabungan yang sudah Anda tabung dapat berguna sebagai “dana darurat” di waktu mendesak. Namun, daripada hanya ditabung, ada cara lain yang dapat dilakukan agar tabungan Anda dapat menghasilkan pendapatan lho. Caranya yaitu dengan melakukan investasi. Investasi pun dapat Anda lakukan melalui saham, properti, obligasi, hingga reksadana. 

Demikian, begitulah kira – kira tips yang dapat dilakukan baik sebagai pelajar atau mahasiswa untuk mengembangkan diri dan meraih kesuksesan di masa depan ketika menapakkan kaki ke dalam dunia kerja. Selama masih mampu untuk melakukan banyak hal, maka tidak ada salahnya bagi Anda dan kita semua untuk mencoba dan memulai hal yang baru. Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 yang semuanya serba diadakan secara online, justru ini menjadi kesempatan bagi Anda dan kita untuk belajar lebih produktif dalam proses pengembangan diri masing – masing. Dengan ketersediaan berbagai acara, program, dan aktivitas online lainnya yang diselenggarakan oleh suatu institusi, sekolah ataupun universitas pun dapat dijadikan sarana untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman Anda dan kita. Oleh karena itu, mari kita semangat menjalani proses dan usaha dalam meraih kesuksesan di masa depan! 

 

 

Referensi:

Lubis, Mia. (2019). 5 Keuntungan Jika Kamu Suka Mencoba Hal Baru, Biar Hidup Gak Monoton! Diambil dari https://www.idntimes.com/life/inspiration/mia-rianti-lubis-1/keuntungan-jika-kamu-suka-mencoba-hal-baru-c1c2/5