BINJUR: Preparing Ourselves to Maximize the Opportunity of Passing the Recruitment Process

Bincang Jurusan (BINJUR) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) BINUS University yang ditujukan bagi para Mahasiswa dan Mahasiswi jurusan Accounting, Finance, Accounting Information-System, Accounting Technology, International Finance, serta pihak jurusan dari School of Accounting, untuk saling bertukar pikiran, memberikan pendapat, dan mengevaluasi seluruh kegiatan perkuliahan yang ada di BINUS University. Tujuan dari Bincang Jurusan adalah untuk menampung serta menyalurkan aspirasi ataupun kritik kepada pihak jurusan guna meningkatkan hubungan yang baik antara mahasiswa maupun dengan dosen.

Bincang Jurusan kali ini diadakan pada hari Jumat, 27 Mei 2022 dengan mengangkat tema “Preparing Ourselves to Maximize The Opportunity of Passing The Recruitment Process”. Tema ini diangkat untuk melanjutkan tema Bincang Jurusan yang diadakan pada bulan Desember tahun lalu, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran serta mengetahui persiapan-persiapan yang harus dilakukan oleh mahasiswa pada saat lulus kuliah agar menjadi fresh graduate yang dapat menunjukan potensinya dengan optimal. Bincang Jurusan dimulai dari pukul 14.00 hingga pukul 16.00 WIB dengan menggunakan Zoom Meeting sebagai media penunjang berlangsungnya acara ini.

Acara ini dihadiri oleh beberapa dosen sebagai pembicara diantaranya, Bapak Kevin Deniswara, S.E., M.Ak., CERA., selaku Deputy Head of Accounting Study Program BINUS University. Selain itu, juga hadir Ibu Linda Kusumaning Wedari, S.E., M.Si., Ph.D., Ak., CA.,CLI., CSRA. selaku Subject Content Coordinator of Accounting Technology BINUS University, dan Ibu Setiani Putri Hendratno, S.E., M.Ak. selaku Dosen BINUS University yang menyampaikan materi seputar proses recruitment serta menjawab pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa terkait tema Bincang Jurusan 2022. Dengan mengikuti acara ini, mahasiswa/i menjadi tau gambaran mengenai proses yang akan dilalui kedepannya sehingga menjadi mengerti bagaimana harus bertindak atau mempersiapkan diri seperti dengan mencapai IPK sesuai target, mengikuti kegiatan-kegiatan yang akan menunjang untuk masa depan, dan sebagainya agar menjadi siap dari sekarang untuk berkontribusi dalam pengembangan di masa yang akan datang.

Selain membahas tentang persiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja pada saat lulus kuliah, acara ini juga memperkenalkan organisasi HIMA yang dibawakan oleh Kaniya Rizki Noviarni selaku Ketua Umum HIMA 2022. Acara Bincang Himpunan ini merupakan acara untuk memberi pengenalan mengenai HIMA, seperti menjelaskan struktur dan program kerja HIMA 2022. Struktur yang dijelaskan meliputi divisi-divisi dalam HIMA serta masing-masing Jobdesc setiap divisi dan ditutup dengan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh moderator. Secara keseluruhan, Acara Bincang Jurusan kali ini berjalan dengan baik dan kondusif. Banyak mahasiswa yang antusias bertanya tentang apa saja yang diperlukan pada saat memulai bekerja pada saat lulus nanti.

Kesimpulan dari acara Bincang Jurusan kali ini adalah dalam melamar suatu pekerjaan, mengemas CV yang baik dan berkualitas, seperti menyertakan softskill yang kita miliki menjadi salah satu hal yang penting untuk mencerminkan diri kita dengan baik dan tentunya dengan kejujuran sehingga setelah bekerja, kemampuan dan perilaku yang kita miliki sama dengan apa yang tertera dalam CV. Softskill yang dimaksud adalah kemampuan yang tidak semua pelamar memilikinya seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa inggris. Di sisi lain, IPK merupakan salah satu faktor yang akan dipertimbangkan oleh pihak perusahaan untuk menjadi nilai tambah sehingga kita sebagai mahasiswa/i dianjurkan untuk berusaha mencapai IPK setinggi mungkin saat masa kuliah. Hal-hal seperti di atas apabila disatupadukan dengan tata krama kita, baik dalam kehidupan langsung maupun melalui sosial media, tentunya akan menjadikan mahasiswa/i atau fresh graduate nanti menjadi pelamar yang ideal untuk bersaing secara sehat dalam dunia magang maupun bekerja.

Terima kasih atas partisipasi semua pihak terkait acara Bincang Jurusan 2022. Semoga Bincang Jurusan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.