Friday Fact: Guys Kita belajar Yuk! Apasih Cryptocurrency Itu?

Kalian tahu enggak kalau cryptocurrency itu mata uang yang sedang popular dalam beberapa tahun terakhir ini lho!
Nah, cryptocurrency ini berasal dari dua kata yaitu cryptography yang artinya kode rahasia dan currency artinya mata uang. Jadi guys, cryptocurrency atau uang kripto itu adalah mata uang virtual yang dilindungi oleh kode rahasia. Kode rahasia ini berfungsi untuk melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini.

Setelah tahu apa itu cryptocurrency, sekarang kalian harus tau nih fungsi dari cryptocurrency ini!

  1. Membeli barang atau jasa
    Saat ini, banyak toko yang menggunakan cryptocurrency sebagai alat pembayarannya, contohnya termasuk dua perusahaan ternama yaitu Overstock dan Newegg.
  2. Investasi
    Sejak meningkatnya popularitas dari cryptocurrency, harganya terus meningkat tajam. Oleh sebab itu, banyak orang yang tertarik dalam melakukan investasi cryptocurrency.
  3. Mining
    Mining atau pertambangan merupakan hal yang penting di dalam cryptocurrency. Untuk bisa mengkonfirmasi transaksi dan mencatatnya ke dalam blockchain, para pengguna harus bisa memecahkan teka-teki cryptography terlebih dahulu. Jika berhasil memecahkan teka-teki tersebut, maka pengguna akan menerima hadiah sebagai biaya transaksi.

Setidaknya terdapat 10.000 jenis mata uang kripto yang diperdagangkan. Di Indonesia sendiri terdapat 229 aset kripto yang terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Sedangkan jenis mata uang kripto terpopuler yang memiliki pasar terbesar dalam dollar AS ialah:

  1. Bitcoin
  2. Ethereum
  3. Binance coin
  4. Cardano
  5. Degocoin
  6. Litecoin

Cryptocurrency memiliki kelebihan sebagai berikut :

  1. Universal
    Cryptocurrency tidak memiliki syarat apapun untuk menjadi penggunanya, namun harus memahami seluk beluknya terlebih dahulu ya guys
  2. Cepat
    Perdagangan cryptocurrency hanya membutuhkan waktu kisaran 1 menit – 1 jam saja lho!
  3. Tranparansi
    Segala riwayat transaksi yang terjadi di dalam blockchain bisa diakses oleh siapa saja, namun di saat yang sama tidak bisa dimanipulasi oleh siapapun
  4. Kontrol secara individu
    Setiap pengguna memiliki hak penuh atas uangnya masing-masing

Cryptocurrency memiliki kekurangan sebagai berikut :

  1. Rentan untuk aktivitas illegal
    Karena tidak menggunakan identitas asli, hal ini dapat dipergunakan untuk aktivitas illegal seperti pencucian uang dan transaksi terlarang.
  2. Volatilitas tinggi
    Volatilitas atau dalam istilah lain yaitu market mood, pergerakan harga di pasar cryptocurrency dipengaruhi oleh tingkat volatilitas. Semakin tinggi nilai cryptocurrency, maka semakin cepat pula perubahan harga sehingga sulit untuk diprediksi.
  3. Legalitas
    Cryptocurrency masih dianggap illegal di beberapa negara dan tidak dapat dijadikan alat tukar untuk bertransaksi.

Cryptocurrency tidak hadir dalam bentuk fisik namun memiliki nilai yang cukup tinggi dan dijadikan sebagai alat tukar menggantikan uang yang beredar. Selain itu, banyak orang menggunakan cryptocurrency sebagai investasi. Mungkin kalian pernah mendengar banyak orang yang menjadi kaya mendadak dari cryptocurrency. Namun, tidak sedikit juga yang mendadak miskin dari cryptocurrency. Hal ini dikarenakan  volatilitas cryptocurrency yang tinggi. Oleh karena itu kenali dulu profil risiko dan sesuaikan dengan tujuan dan kondisi finansialmu.

Setelah paham dengan cryptocurrency, kalian jadi tertarik untuk terjun ke dunia cryptocurrency gak nih?

 

 

Referensi:

Source: Idris, M. (2022, May 15). Kripto: pengertian, Jenis, Cara Kerja, dan Aturannya di RI. Kompas. https://money.kompas.com/read/2021/11/12/125905426/kripto-pengertian-jenis-cara-kerja-dan-aturannya-di-ri?page=all#page2

Arviana, G., N. (2022, February 02). Mengenal Cryptocurrency: Arti, Fungsi, Jenis-Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan. Financial. https://glints.com/id/lowongan/cryptocurrency-adalah/#.YoEhpKhBzIV