Manfaat Pajak bagi Masyarakat dan Negara

Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berlangsung secara terus-menerus dan berkesinambungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat baik secara materiil maupun spiritual. Untuk dapat merealisasikan tujuan tersebut, maka negara harus menggali sumber dana dari dalam negeri berupa pajak.

Pajak adalah kontribusi wajib rakyat kepada negara yang terutang, baik sebagai orang pribadi atau badan usaha yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Pembayaran pajak merupakan perwujudan kewajiban dan peran serta wajib pajak untuk ikut secara langsung dan bersama-sama melaksanakan pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Sesuai falsafah undang-undang perpajakan, membayar pajak bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi merupakan hak dari setiap warga negara untuk ikut berpartisipasi dan berperan serta terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Seperti perekonomian dalam rumah tangga atau keluarga, perekonomian negara juga mengenal sumber-sumber penerimaan dan pos-pos pengeluaran. Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara yang menyumbang sekitar 70% dari seluruh penerimaan negara. Tanpa pajak, sebagian besar kegiatan negara akan sulit untuk dilaksanakan.

Penggunaan pajak mulai dari belanja pegawai sampai dengan pembiayaan berbagai proyek pembangunan. Pembangunan sarana umum, seperti: jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit/puskesmas, dan kantor polisi dibiayai dari pajak. Pembangunan infrastruktur, biaya pendidikan, biaya kesehatan, subsidi bahan bakar minyak (BBM), gaji pegawai negeri, dan pembangunan fasilitas publik semua dibiayai dari pajak. Semakin banyak pajak yang dipungut, maka semakin banyak fasilitas dan infrastruktur yang dibangun.

Dalam meningkatkan pemahaman mengenai perpajakan, kami Himpunan Mahasiswa Akuntansi BINUS University telah melakukan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Introduction to Taxation” pada tahun 2020. Di dalam kegiatan ini kami membuat 3 video infografis yang membahas tentang Pengetahuan Dasar Pajak, Perhitungan Pajak Penghasilan (PPh) Final (pasal 4 ayat 2), 21, 23, 25, dan Pengisian E-form SPT.

Video Infografis ini memberikan pengetahuan – pengetahuan mengenai Dasar Pajak , Perhitungan Pajak Penghasilan (PPh) Final (pasal 4 ayat 2), 21, 23, 25, dan Pengisian E-form SPT kepada masyarakat luas terutama bagi para pelajar dan mahasiswa/i bagaimana pentingnya mempelajari pajak. Pembekalan pembelajaran semacam ini lebih mengarah kepada mahasiswa dan mahasiswi karena nantinya mereka akan terjun ke dunia kerja dan dunia usaha, oleh karena itu sangat diperlukan pembekalan yang cukup agar mereka bisa ikut berkontribusi kepada negara melalui pajak.

Dari kegiatan tersebut diharapkan kita semua mampu menanamkan nilai-nilai mengenai pajak sejak dini. Hal ini sangat penting bagi masyarakat terutama bagi para pelajar dan mahasiswa, agar mereka bisa lebih paham mengenai pajak baik dari segi pemungutannya maupun manfaat yang akan diterima dari pembayaran pajak tersebut. Diharapkan juga dengan seiringnya waktu, para pelajar dan mahasiswa akan lebih sadar terhadap kewajiban perpajakan dan menjadi wajib pajak yang taat.

Referensi:

https://www.cermati.com/artikel/manfaat-pajak-bagi-masyarakat-dan-negara