Wirausaha Akuntansi VS Pemilik Perusahaan Akuntansi

 

Bagi sebagian orang mungkin berfikir, berkecimpung di dunia akuntansi akan memiliki jaminan hidup yang baik untuk kedepannya. Pada kenyataannya, hal tersebut dikembalikan lagi kepada bagaimana mereka mengambil pilihan yang ada di hadapannya. Bagi seorang akuntan, mereka dapat memilihi untuk menjadi seorang akuntan bagi perusahaan lain atau menjadi pemilik itu dari perusahaan itu sendiri yang bergerak di bidang akuntansi. Namun, apabila ingin menjadi sesuatu yang berbeda, mungkin dapat di pertimbangkan untuk menjadi seorang wirausaha akuntansi. Hal yang mendasari perbedaan dari kedua aspek ini tentu dapat dilihat dari segi tujuan yang ingin dicapai oleh keduabelah pihak.

Wirausaha akuntansi berfokus terhadap memberikan suatu pelayanan terhadap sesuatu hal yang memiliki nilai manfaat bagi masyarakat, tentu saja dengan melihat keadaan tidak hanya saat ini juga dimasa depan nanti dengan terus berinovasi dengan membuat sesuatu atau mengatasi sesuatu permasalahan secara spesifik. Tetapi, sebagai pemilik perusahaan akuntansi, kita tidak dituntut untuk mengerti apa itu akuntansi atau pajak secara mendalam, dan tujuan utama sebagai pemilik perusahaan ialah tentu untuk mendapat keuntungan.

Bagi seseorang yang memiliki perusahaan akuntansi, tentu saja mereka akan memiliki keuntungan yang sudah diramalkan sebelumnya apabila segala sesuatunya berjalan dengan yang seharusnya, tetapi mereka tidak akan melakukan suatu inovasi baru, dikarenakan akan berpengaruh terhadap klien yang ada sehingga akan mengganggu keuntungan bagi perusahaan. Lain halnya sebagai seorang wirausaha akuntansi walaupun resiko yang harus diambil cukup besar, namun mereka akan terus berkembang karena, sasaran bagi para wirausaha bukan hanya dalam cangkupan untuk mendapat keuntungan tetapi juga untuk terus berkembang mengikuti dengan permasalahan yang ada.

Pilihan terakhir, tentu ada ditangan para akuntan itu sendiri. Dengan segala kelebihan dan kekurangan dari masing-masing. Dilihat dari segala sudut pandang yang ada tentu akan banyak para akuntan untuk memilih jalan, bagaimana mereka akan menadapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Tetapi, tidak sedikit pula para akuntan yang tidak hanya memikirkan kepentingan pribadi melainkan kepentingan bagi orang banyak.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://www.accountingtoday.com/opinion/the-rise-of-the-accounting-entrepreneur

 

Dayinta Pradawati

2001612765


? | Hima.binus@yahoo.com

? | Scdc.binus.ac.id/hima