Akuntansi Sektor Publik

Analisis akuntansi manajemen terhadap organisasi sektor publik. Akuntansi manajemen didefinisikan sebagai suatu bagian integral dari manajemen yang terkait dengan pengidentifikasian, penyajian, dan pengintepretasian informasi. Pada dasarnya prinsip akuntansi manajemen sektor publik tidak banyak berbeda dengan prinsip akuntansi manajemen yang diterapkan pada sektor swasta. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa sektor publik memiliki perbedaan sifat dan karakterisitik dengan sektor swasta. Sehingga penerapan teknik akuntansi manajemen sektor swasta tidak dapat diadopsi secara langsung tanpa modifikasi.

Dalam organisasi sektor publik, akuntansi manajemen memiliki peran penting. Peran akuntansi manajemen yaitu memberikan informasi akuntansi yang relevan dan handal kepada manajer. Hal tersebut berguna untuk melaksanakan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi. Dalam organisasi sektor publik, perencanaan dimulai sejak dilakukannya perencanaan stratejik. Sedangkan pengendalian dilakukan terhadap pengendalian tugas.

Pada tahap perencanaan stratejik, manajemen organisasi membuat alternatif-alternatif program yang dapat mendukung strategi organisasi. Peran akuntansi manajemen adalah memberikan informasi untuk menentukan berapa biaya program (cost of program) dan beberapa biaya suatu aktivitas (cost of activity), sehingga berdasarkan informasi akuntansi tersebut manajer dapat menentukan berapa anggaran yang dibutuhkan dikaitkan dengan sumber daya yang dimiliki. Akuntansi manajemen pada sektor publik dihadapkan pada tiga permasalahan utama yaitu efisiensi biaya, kualitas produk, dan pelayanan (cost, quality and services).

Salah satu tugas utama akuntansi manajemen ialah pemberian informasi biaya. Biaya dalam akuntansi sektor publik dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu: biaya input dan biaya output. Biaya input adalah sumber daya yang dikorbankan untuk memberikan pelayanan. Biaya input bisa berupa biaya tenaga kerja dan biaya bahan baku. Sedangkan biaya output adalah biaya yang dikeluarkan untuk mengantarkan produk hingga sampai ke tangan pelanggan.

Daftar Pustaka : https://sijenius.wordpress.com/2009/05/08/akuntansi-manajemen-sektor-publik/

                                                                                                                                                               

Written By:

Lita Nur Amalia – 2001549254