Dampak Mata Uang Dollar AS Terhadap Nilai Rupiah

Oleh : Farent Kamdani / 2001588993

Dollar AS selalu menjadi tolok ukur perkembangan ekonomi di sebuah negara tidak terkecuali di Indonesia, penguatan maupun melemahnya nilai rupiah di banding dengan dollar AS menjadi ukuran kita sebagai penentuan apakah ekonomi di negara kita dalam krisis maupun tidak.

Menguat maupun melemahnya nilai tukar rupiah di katan sebagai keaadaan ekonomi di Indonesia, bahkan untuk di kaitkan dengan inflasi  karena faktor melemahnya harga rupiah di banding dollar AS, kenapa demikian? Di karenakan mayoritas bahan pangan di Indonesia masih mengandalkan Impor dari luar negeri, tidak heran bila terjadi penguatan nilai rupiah sangat berdampak pada kestabilan ekonomi tidak terkecuali sektor pangan di Indonesia.

Inflasi yang terjadi di Indonesia terkait akan penguatan nilai rupiah memberikan dampak positive dan juga negative. menurut Sri Mulyani, penerimaan negara, khususnya dari sektor minyak dan gas (migas), akan menurun dengan adanya penguatan rupiah tersebut. “Jadi kita harus terus melihat sisi positif dan negatifnya serta menjaga sampai akhir tahun untuk menyelesaikan APBN agar lebih baik,” ucapnya.

Menguat atau melemahnya nilai rupiah terhadap dollar sangat lah memberikan dampak kepada Indonesia, dapat di katakan salah satu faktor inflasi itu sendiri terjadi akan kekuatan nilai rupiah terhadap mata uang dollar AS di karenakan negara kita yang masih mengandalkan dalam sektor import dan eksport.

Sumber
http://bisnis.liputan6.com/read/2451532/untung-rugi-penguatan-rupiah
https://m.tempo.co/read/news/2016/09/29/087808322/rupiah-menguat-sri-mulyani-ada-sisi-positif-dan-negatifnya

Farent Kamdani