HUT CSC 2024: Navigating the Cyber Career Path

HUT Cyber Security Community (CSC) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh CSC  untuk merayakan  HUT CSC yang ke-11. Acara ini dilaksanakan secara onsite dan online melalui Zoom pada hari Jumat, 31 Mei 2024 pukul 14:00 – 18:00 WIB. Tema HUT CSC tahun ini adalah Navigating the Cyber Career Path. Tema ini diangkat agar para mahasiswa dapat lebih memahami dan mengeksplorasi berbagai peluang karier di bidang keamanan siber (cyber security).  Acara ini dibawakan oleh Bhremada Fevreano dan Guiliano Rafael selaku Master of Ceremony acara ini. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Ketua HUT CSC, Regina Mulia dan Ketua CSC,  Malvinus Pialin Wongso.

Selanjutnya, Malvinus Pialin Wongso  selaku Ketua CSC dan Vincentius Farrel selaku Bendahara CSC akan menjelaskan tentang CSC dari apa Slogan CSC, Visi & Misi CSC, Logo CSC,  ,Divisi apa saja yang terdapat di CSC dan Media Social apa saja yang CSC punya.

Setelah pengenalan tentang CSC acara dilanjut dengan seminar oleh Pak Ardi Sutedja selaku Direktur Utama PT Jasa Siber Indonesia (JSI). Beliau juga ketua dan pendiri dari Indonesia Cyber Security Forum (ICSF), Indonesia Chief Information Officers Forum(id.CIO) , dan Biometric Association(IBA). Pak Ardi Sutedja memulai seminar dengan menjelaskan dampak dari kurangnya SDM di keamanan siber dan  mengapa kita memilih karir di keamanan siber.

Selanjutnya beliau menjelaskan ada 5 keahlian yang harus dikuasai pada tahap awal yaitu

  1. Kecintaan pada Teknologi Informasi
  2. Pengetahuan mendalam tentang keamanan siber & hacking lintas platform
  3. Pemahaman yang kuat tentang forensik digital
  4. Perhatian terhadap keterampilan mendetail dalam  memecahkan masalah
  5. Keterampilan komunikasi yang sangat jelas

Setelah seminar selesai diadakan sesi tanya jawab. Pak Ardi Sutedja memberikan suvenir dari Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) kepada peserta yang bertanya. Setelah sesi tanya jawab selesai dilanjut penyerahan plakat untuk Pak Ardi Sutedja dan foto bersama.

Selanjutnya ada games teka teki mencari akun hacker dari clue-clue yang diberikan. Para peserta diminta untuk membuat tim 1-3 orang. Games berlangsung selama 30 menit dan dicari 3 tim yang mampu memecahkan teka teki. Setelah itu acara ditutup dengan exit ticket dan pembagian komsumsi.

Yechiel Josey