Expo Cyber Security Community 2023

Expo Cyber Security Community tahun 2023 berlangsung di 3 region kampus Bina Nusantara diantaranya Kampus Binus Anggrek, Binus Alam Sutra, dan Binus Semarang. Acara ini diadakan untuk menyambut binusian aktif b27 yang tertarik untuk bergabung ke CSC. Expo kali ini diselenggarakan secara full onsite di ketiga region kampus tersebut.

Acara expo ini berlangsung selama 5 hari di region Kemanggisan dan Alsut, serta 3 hari di Semarang. Pelaksanaan Expo ini berlangsung dari jam 9.00 WIB sampai jam 16.00 WIB yang terbagi menjadi 2 shift, yaitu shift 1 (09.00 – 12.00) dan shift 2 (13.00-16.00). Bagi yang berada di luar ketiga region tersebut dapat mendaftarkan diri secara online.

Suasana kegiatan expo ini cukup ramai dan meriah, terutama untuk organisasi CSC. Expo ini dimulai dengan kedatangan para mahasiswa baru ke booth CSC, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi serta tanya jawab seputar manfaat bergabung dengan organisasi CSC. Terlihat banyak sekali mahasiswa baru yang antusias dan penasaran yang berkumpul di booth milik CSC. Dan juga mereka akan mendapatkan free merchandise atas antusiasme mereka.

Seperti biasanya, organisasi CSC tidak hanya memperkenalkan diri melalui tanya jawab di sekitar booth, melainkan mereka juga mengadakan demo kelas cyber bagi teman-teman mahasiswa baru yang penasaran akan aktivitas cyberclass yang rutin diadakan oleh CSC. Ini sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan dan informasi bagi mahasiswa baru yang tertarik bergabung. Kegiatan Demo cyber class ini berlangsung selama 4 hari, yaitu pada tanggal 29 Agustus – 1 September, dan diadakan secara online di Zoom mulai jam 7 hingga selesai. Kegiatan ini membahas berbagai topik seputar dunia cyber. Berikut adalah topik yang diangkat:

TRIAL CYBER CLASS EXPO 2023: 29 Agustus – 1 September 2023, 19:00 WIB

JADWAL CLASS:

  • 29 Agustus 2023 – Hari 1

Materi: Malware Analysis: Are You Sure You Are Safe?

Mentors: Malik & Dustin

 

  • 30 Agustus 2023 – Hari 2

Materi: Reverse Engineering: Android Hacking

Mentors: Bertrand & Mikael

 

  • 31 Agustus 2023 – Hari 3

Materi: “Intro to Webex: Web Exploitation

Mentors: Anton & Satya

 

  • 1 September 2023 – Hari 4

Materi: Vulnerabilities in C Code Leads to RCE

Mentors: Nicholas S. & Calvin

Tujuan dari demo cyberclass ini sendiri adalah untuk memberikan gambaran tentang cyberclass yang akan diadakan oleh CSC setelah mahasiswa baru menjadi anggota CSC. Serta, agar memberikan pemahaman tentang dunia cyber kepada mahasiswa baru, sehingga diharapkan mereka dapat bergabung dengan organisasi CSC dan berkontribusi lebih untuk CSC dan Binus University.