National Cyber Week 2022

  1.   Capture The Flag

Capture The Flag (CTF) adalah salah satu jenis dari kompetisi hacking yang dimana mengharuskan seorang / tim untuk mengambil sebuah file / string yang sudah disembunyikan sistem yang dimana disebut dengan istilah “Flag”. Pada National Cyberweek 2022, Capture The Flag dibagi menjadi dua babak, yaitu babak kualifikasi dan babak final. Untuk babak kualifikasi diadakan secara online, sedangkan babak final dilaksanakan secara onsite di kampus anggrek di kemanggisan. Peserta CTF wajib menyelesaikan challenge dalam batas waktu yang telah ditentukan.

Capture The Flag National Cyber Week ini diikuti oleh 42 tim dari berbagai universitas. Kualifikasi diadakan pada tanggal 5 November 2022. Kemudian babak final diikuti oleh 15 tim yang telah lolos tahap kualifikasi. Yang diadakan pada tanggal 12 November 2022.

Penilaian dilakukan dengan melihat jumlah challenges yang diselesaikan dan write up yang di-submit. Pada babak final, top 3 tim dengan skor tertinggi sekaligus menjadi pemenang National Cyber Week 2022: Capture The Flag diraih oleh:

  • Boys Who Cry (skor: 1600)
  • Alakadarnya (skor: 1036)
  • Anak kemaren sore (skor: 972)

Pada babak final, persentase kategori soal yang diselesaikan terbagi rata menjadi 3, yaitu binary exploitation, reverse engineering, dan web exploitation

  1.   Seminar

Seminar CTF diawali dengan kata sambutan oleh ketua acara National Cyber Week 2022 Jeffrey Jingga dan ketua umum Cyber Security Community Delbert Giovannie Lie.  

Setelah itu Seminar Yang Bertemakan FOREST : Forensic Technology dibawakan oleh Tommy Wijaya selaku CyberSecurity Strategy & Governance of KPMG Indonesia. Dalam seminar kali ini bapak Tommy Wijaya menjelaskan hal – hal seputar Digital Forensic baik dalam segi definisi, metodologi dan pendekatan apa saja yang dipakai di Digital Forensic, serta contoh dari Digital Forensic di kehidupan sehari-hari.

Setelah selesai menyampaikan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta seminar. Lalu Seminar FOREST : Forest Technology ditutup dengan sesi dokumentasi.