Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus 2023

Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus (LDKCP) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh para pengurus CSC 2022/2023 secara hybrid selama 2 hari 1 malam. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 Juli (pukul 10.25 WIB) s.d 29 Juli 2023 (pukul 13.15 WIB) di Pondok Zidane, Depok, Jawa Barat. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para aktivis yang kedepannya akan menjabat sebagai pengurus CSC dalam menerapkan dasar-dasar kepemimpinan dan tanggung jawab sebagai pengurus.

Kegiatan LDKCP dibuka dengan kata sambutan oleh Andi Mulia Sianipar dan Rika Zakiyyah selaku Master of Ceremony (MC), Antonio Fandako selaku ketua acara, dan Vinny Surya Trinita selaku ketua CSC.

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah pembukaan dan kata sambutan, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan permainan bingo dalam sesi ice breaking yang dibawakan oleh MC dan sesi materi yang akan dibawakan oleh para DPI (Dewan Pengurus Inti) CSC. Materi yang akan dibahas di LDKCP ini meliputi:

  • Strategic Management
  • Administration & Operation
  • Finance & Compliance
  • Regeneration
  • Branding

Setiap materi akan ditutup dengan study case yang menanyakan pendapat para aktivis baik onsite maupun online terkait materi yang telah dibahas sebelumnya.

Materi pertama mengenai Strategic Management dibawakan oleh Vinny Surya Trinita yang menjelaskan manfaat dan penerapan dari strategic management, serta diberikan contoh kasus bagaimana cara mengelola strategi yang efektif di CSC.

Setelah selesai materi pertama, dilanjutkan dengan sesi games tebak kata yang dibawakan oleh MC dan berlangsung selama 37 menit, peserta tampak sangat antusias dalam mengikuti games ini. Materi kedua mengenai Administration & Operation dibawakan oleh Seraphine Amanda Honoris yang menjelaskan cara mengatur, mengelola, serta menjalankan sebuah organisasi itu sendiri, termasuk surat dan dokumen yang dibutuhkan pada setiap pelaksanaan program kerja.

Materi ketiga mengenai Finance & Compliance dibawakan oleh Khumaira Malik Anabil yang menjelaskan cara mengatur urusan finansial dalam sebuah organisasi dan perencanaan keuangan untuk acara yang akan dilaksanakan agar urusan mengenai keuangan di sebuah organisasi dapat terkendali dengan baik.

Materi keempat mengenai Regeneration dibawakan oleh Jeffrey Jingga yang menjelaskan pentingnya dan manfaat regenerasi dalam sebuah organisasi untuk memastikan kepengurusan organisasi dapat berjalan dengan lancar.

Materi terakhir mengenai Branding dibawakan oleh Ilham Nurrahman yang menjelaskan cara mengembangkan image organisasi untuk menarik perhatian dan meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap organisasi. Setelah sesi materi berakhir, hari pertama ditutup dengan closing oleh MC.

Di hari kedua LDKCP dimulai dengan senam pagi selama 30 menit untuk membangkitkan semangat dari peserta. Sehabis itu, semuanya sarapan pagi bersama. Sebelum sesi presentasi dimulai, peserta diberikan waktu luang untuk berganti pakaian. Para peserta mempresentasikan mengenai inovasi atau ide event baru yang bisa diadakan di kepengurusan CSC selanjutnya, dipresentasikan bersamaan dengan kelompoknya masing-masing.

 

 

 

 

 

 

Setelah semua kelompok menyampaikan ide-idenya dan menerima masukkan dari kakak pengurus, kegiatan dapat ditutup dengan pesan dari ketua acara, ketua CSC, dan DPI sebagai bekal untuk kepengurusan di esok hari. Tidak lupa untuk dokumentasi bersama dengan para aktivis baik yang di onsite maupun yang di online.