CTF Contest CSC 2023

Capture The Flag (CTF) adalah salah satu jenis dari kompetisi hacking yang dimana mengharuskan seorang / tim untuk mengambil sebuah file / string yang sudah disembunyikan sistem yang dimana disebut dengan istilah “flag”. CTF Contest adalah sebuah acara yang diadakan oleh CSC Binus University yang menargetkan para mahasiswa khusus dari Binus yang baru terjun ke dunia CTF. Dengan berbagai macam soal beginner-friendly diharapkan dapat menambah pengalaman bagi para peserta sekaligus menjadi motivasi untuk meningkatkan skill CTF para peserta.

Di CTF Contest ini terdapat 6 kategori soal, yaitu Binary Exploitation, Web Exploitation, Reverse Engineering, Forensic, Cryptography, dan OSINT yang di setiap kategorinya terdapat 3 sampai 4 soal. CTF Contest berlangsung secara online dari pukul 10:00 pagi hingga pukul 10:00 malam.

Sebelum CTF Contest dimulai tentunya ada technical meeting yang diadakan pada 18 Juli 2023 untuk para peserta agar dapat mengetahui informasi mengenai teknis berjalannya kompetisi khusus mahasiswa-mahasiswi Binus ini.

Pada tanggal 20 Juli 2023 diadakan warm-up yang bertujuan untuk membuat para peserta merasa familiar dengan platform yang digunakan saat kompetisi berlangsung sekaligus sebagai bentuk pemanasan otak sebelum berlangsungnya kompetisi di keesokan harinya. Segala bentuk informasi mengenai first blood secara real time dapat dilihat pada server discord CTF Contest.

Tepat keesokan harinya, tanggal 21 Juli 2023, kompetisi yang sebenarnya berlangsung dengan sengit sejak awal dimulainya kompetisi hingga akhir kompetisi.

Setelah para peserta mengerjakan soal-soal dengan baik, peserta diminta untuk mengumpulkan writeups sebagai bukti bahwa mereka mengerjakan soal-soal tersebut secara mandiri. Pengumuman pemenang diumumkan 1 minggu setelah kompetisi berlangsung, yaitu pada tanggal 28 Juli 2023, di Instagram story @cscbinus.