WORKSHOP CSC 2023: DIGITAL FORENSIC 101

Workshop Cyber Security Community (CSC) merupakan acara yang diselenggarakan oleh CSC secara hybrid dan terbuka untuk umum pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 dari pukul 13.00 – 16.25. Workshop ini bertemakan “Digital Forensic 101” yang dibuka dengan kata sambutan oleh Jayson Adrian Sunaryo dan Gracia Abadi selaku Master of Ceremony (MC), Rio Ferdinand Vindi Tanius selaku ketua acara, dan Vinny Surya Trinita selaku ketua CSC.

 

 

Setelah pembukaan dan kata sambutan, acara ini dilanjutkan oleh sesi materi yang dibawakan oleh Pak Bangkit Hardiawan selaku Cyber Security Researcher yang memiliki pengalaman di bidang Computer Forensic Analyst, Penetration Tester, dan Server Administrator. Beliau juga memiliki berbagai sertifikat, diantaranya Certified Data Centre Professional (CDCP), Certified Ethical Hacker (CEH), Certified Incident Handler (ECIH), dan masih banyak lagi. Pada workshop ini, Pak Bangkit Hardiawan membawakan materi Digital Forensic 101 yang meliputi:

  • Get To Know The Tools
  • How to Choose Certification that will suit your career path
  • POV From An Expert
  • Hands-On Digital Forensic

Beliau juga menjelaskan tentang Digital Forensic Fundamental, Cybercrime, Digital Evidence, Understanding Data Acquisition and Analysis, dan lain-lain. Setelah sesi materi, dilanjutkan oleh sesi studi kasus dimana para peserta baik onsite maupun online dapat melakukan simulasi teknik Digital Forensics dan mengerjakan case bersama dengan Pak Bangkit Hardiawan. Namun sebelum masuk ke sesi studi kasus, Pak Bangkit menjelaskan terlebih dahulu tools yang digunakan dan dasar cara penggunaan tools-tools tersebut seperti Write Blocker Tool, Create a Forensic Image with Hardware Based Tool, GUI Tool, dan Command Line Tool for Windows OS, serta Analyzing Images with Autopsy.

Setelah pembawaan materi dan studi kasus oleh Pak Bangkit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dibawakan oleh MC.

 

 

 

 

 

 

 

Setelah selesai sesi tanya jawab, acara ditutup dengan sesi dokumentasi bersama dengan Pak Bangkit dan pengisian exit ticket oleh peserta.