Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis 2023

Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDKA) merupakan kegiatan tahunan yang rutin diadakan dalam rangka pengesahan aktivis Cyber Security Community (CSC). Acara ini diperuntukkan para Aktivis CSC yang terpilih untuk mempersiapkan mereka menjadi seorang Aktivis di organisasi. LDKA tahun ini masih dilaksanakan secara online melalui Zoom Meetings pada hari Sabtu, 11 Februari 2023 pukul 10.00 – 15.30.

  1. Introduction to CSC

Materi pertama yaitu Introduction to CSC dibawakan oleh Khumaira Malik Anabil dan Pitra Winarianto. Materi pertama Ini menjelaskan sejarah perkembangan CSC sebagai sebuah organisasi dan arti dari logo CSC, serta jajaran-jajaran ketua CSC sejak didirikan sampai saat ini. Pada Materi ini juga dibahas AD/ART yang harus dimiliki CSC sebagai sebuah organisasi. Tujuan diberikannya materi ini adalah agar para Aktivis dapat mengerti dan mengetahui lebih lanjut terkait organisasi CSC.

    2. Introduction to Operational Planning

Materi Introduction to Operational Planning dibawakan oleh Vinny Surya Trinita. Materi kedua ini menjelaskan tentang struktur, program kerja, dan divisi-divisi yang ada di CSC. CSC memiliki 4 divisi, yakni Human Capital, Education, Media and Publication, dan Research and Development. Materi program kerja tiap divisi langsung dibawakan oleh koordinator dan sub-koordinator divisi masing-masing. Pada sesi ini diberikan pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman para Aktivis mengenai materi yang telah diberikan.

    3. Etika Organisasi

Materi terakhir menjelaskan tentang etika dalam berorganisasi. Materi ini dibawakan oleh Jeffrey Jingga dan Ilham Nurrahman. Tujuannya agar para Aktivis dapat mengetahui dan dapat menerapkan etika-etika yang harus dimiliki dalam berorganisasi. Pada materi ini juga diberikan pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman para Aktivis mengenai materi ini. Para Aktivis juga diberikan materi tambahan yaitu cara menulis notulensi, yang tentu akan sangat bermanfaat untuk rapat kegiatan kedepannya.